Monday, July 11, 2016

Film Indonesia tidak ada yang bergenre science fiction.

Disadari atau tidak Film Indonesia tidak ada yang bergenre science fiction atau cerita fiksi yang digabungkan dengan ilmu pengetahuan. Sebenarnya tidak perlu lah sampai harus membuat set spektakuler contohnya seperti dalam Star Wars atau Star Trek, hanya saja daya imajinasi dan ilmu pengetahuan yang memang tidak bisa dipadukan dan ditumbuhkan oleh SDM kita karena berbagai hal. Ketakutan akan selera penonton menjadikan jangankan untuk berpikir untuk mebuatnya tetapi untuk melontarkan ide saja pastinya menjadi ragu-ragu atau tidak berani.

Film science fiction menurut kami bisa menjadi parameter bagaimana kondisi SDM kita terutama di bidang yang bersangkut paut dengan ilmu pengetahuan. Salah satu upaya penciptaan bukan saja berasal dari penelitian yang memecahkan masalah tetapi juga dari daya imajinasi sebagai seorang manusia yang berkemajuan dalam berpikir. Tidak terbayangkan sebelumnya pada zaman dahulu bahwa panel-panel operasional pesawat yang dipencet dalam film Star Trek bisa menjadi dan semakin booming saat ini yang diwakilkan oleh layar sentuh gadget.

Film Indonesia yang paling berkesan mengenai fiksi ilmu pengetahuan adalah film yang dibawakan oleh Trio Warkop DKI dalam "Manusia 6 Juta Dollar" dan "Sama Juga Bohong" dan beberapa scene atau bagian di film lainnya. Sedangkan serial yang paling diingat adalah Serial Ramadhan "Lorong Waktu". Walaupun kesemuanya bukanlah ide yang asli tapi keberenaian dalam menghasilkannya patut diacungi jempol. Mungkin juga ada beberapa contoh lainnya yang penulis belum atau lupa mengetahuinya.

Jadi akankah muncul film lain?