Tuesday, April 19, 2016

Ketika Tiki-Taka FC Barcelona menjadi sesuatu yang tidak Indah lagi.

Kekalahan beruntun FC Barcelona dalam 2 pekan ini memperlihatkan dengan jelas bagaimana turunnya kemampuan permainan Barca untuk menghasilkan tujuan yang maksimal. Entah memang sedang turun atau bagaimana tetapi faktanya adalah permainan Barca tidak pula dikritik atau dicari kesalahannya. Ini menurut saya bahwa memang tiki-taka Barca bukan sesuatu yang Indah lagi.

Sebaliknya permainan counter attack dan pertahanan yang dulu sering dicaci-maki sebagai permainan tidak "gentleman" karena seperti menaruh bus di depan gawang, pun tidak dikritik juga dan akhirnya sebagai pembenaran. Artinya apa? Artinya adalah itulah strategi yang memang mumpuni dan akhirnya orang mengakui bahwa efektivitas permainan adalah inti dari permainan sebagai jalan menuju kemenangan dalam hal ini ketika berhadapan dengan Barca.

Memang masih agak dini menyimpulkan bahwa permainan Barca sudah habis. Karena Barca bukan tim kemarin sore. Tetapi paling tidak ini adalah sinyalemen kuat bahwa ada masa-masa tertentu dan ada situasi yang sudah sedemikian rupa mudah terbaca sehingga strategi menjadi sesuatu yang baku.

Penulis berharap bahwa semakin banyak perkembangan permainan dimasa yang akan datang. Sehingga bukan lagi jadi dominan di pihak atau tim tertentu saja.