Thursday, June 9, 2016

Teknologi yang mungkin masih kita kembangkan sehingga bisa terdepan.

Sejujurnya kalau kita bersaing di teknologi informasi yang berkesinambungan dan mutakhir maka sudah amat jauh ketinggalan terutama dalam penciptaan baru dan rekayasa. Coba lihat saja baru sekitar 8 tahun terakhir ini SIM terkomputerisasi diterapkan sampai level terbawah setingkat toko padahal teori SIM sudah ada sangat lama. e-KTP pun baru beberapa tahun terakhir.

Yang masih bisa dikembangkan sehingga kita bisa saja menjadi yang terdepan adalah:
1. Rekayasa pangan. Penciptaan varietas unggul ataupun varietas baru yang semakin efisien dan mempunyai kualitas rasa yang baik tapi tentunya dengan menurunkan penggunaan bahan kimia untuk proses penanaman.
2. Rekayasa tanah sehingga apapun bisa tumbuh subur dan tentunya efisiensi dari segi penanaman.
3. Rekayasa budi daya perikanan baik di air tawar dan perikanan laut.
4. Rekayasa sandang. Melalui penelitian bahan baju dan bahan ramah lingkungan atau bahkan daur ulang.
5. Rekayasa bahan daur ulang sehingga bisa membuat manufakturing baru.

Mengapa tiga hal di atas? Karena memang negara kita masih mempunyai lahan tanah produksi yang masih cukup bagus dan wilayah laut yang sangat luas serta sumber daya lain yang mendukung. Sebenarnya bidang-bidang lain masih cukup terbuka hanya saja pembiayaan penelitian baik dari swasta dan pemerintah sangat-sangat minim. Kalaupun sudah tercipta maka untuk menjadi produksi massal masih sangat sulit karena pembiayaan dan perlindungan/kepastian hukum.

0 comments:

Post a Comment