Wednesday, June 8, 2016

StartUp yang pastinya butuh kerja keras. Contoh kasus: Jasa Pengiriman Kargo International.

Bersumber dari berita ini: techcrunch.com/2016/06/07/flexport/ dengan judul berita 'The unsexiest trillion-dollar startup'
Keterangan di website flexport

Inti dari berita itu adalah adanya StartUp atau perusahaan baru dengan visi global yang tidak begitu menarik walaupun nilainya triliunan. Perusahaan itu adalah semacam jasa mengurus pengiriman kargo anda untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya dan disertai juga layanan broker kepabeanan atau bea cukai untuk kargo yang dikirimkan menggunakan jasa mereka dilaksanakan secara terintegrasi dan disajikan dalam sebuah aplikasi yang bisa dipantau real time oleh kustomer disertai dengan data-data yang menunjang. Dengan kata lain ini sebuah SCM atau Supply Chain Management yang bisa disewa tetapi skalanya internasional atau menangani perdagangan internasional dengan data-data yang sangat transparan.

Kenapa si penulis artikel tersebut menilai dengan tidak menarik atau tidak seksi? Karena yang dikerjakan sangat kompleks dan rumit dan tentunya membutuhkan kerjas keras lintas negara untuk mengelolanya. Dan pantas saja saingan mereka tidak banyak padahal nilainya triliunan.

Startup tersebut basisnya masih di beberapa negara. Coba saja di Indonesia ada yang sudah mengerjakan hal demikian. Jangan sampai nanti kita hanya bisa marah-marah karena jasa yang dipakai buatan oranag lain. Padahal jasa kargo tersebut sangat penting terutama buat ekspor kita.

Startup tidak melulu soal intensitas pekerjaan yang relatif mudah karena menggunakan software, terbukti Startup yang kita bahas ternyata memiliki tingkat kompleksitas yang rumit. Intinya adalah kalau sangat serius dijalankan apapun pekerjaannya bisa membuahkan hasil yang baik begitu juga jika kita membangun Startup.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete