Monday, June 6, 2016

Penjualan Internet: Kamu harus dipertemukan dengan orang yang tepat.

Apa yang dimaksud dengan 'kamu harus dipertemukan dengan orang yang tepat'?

Internet itu sangat-sangat luas hanya saja cakupan orang menjelajahinya sangat terbatas. Barang yang anda jual sebagai penjual di Internet hanya 1 dari ratus jutaan item yang ditawarkan di internet. Untuk itulah ada mesin pencari, tapi mesin pencari pun menetapkan kriteria terhadap data (dalam hal ini item penjualan) agar bisa ditempatkan untuk mudah dan cepat dicari. Agar masuk kriteria itulah orang harus mempunyai teknik SEO atau Search Engine Optimization.

Kalau tidak melalui cara atau jalan di atas maka anda harus mempunyai teman atau follower yang banyak di media sosial yang anda punyai. Pernah dengar kan wah si A jualan anu laku di Facebook. Itu artinya si A memang dipertemukan orang yang tepat. Tepat dalam hal ini adalah rasa kepercayaan akan keamanan transaksi dikarenakan hubungan relasi dan pertemanan. Ada rasa selera yang sama terhadap suatu barang dan tentunya kebutuhan yang memang pas sesuai segmen orang-orang yang berteman atau menjadi follower/pengikut media sosial sperti twitter.

Tapi anda pernah juga kan mendengar si B udah pake Facebook, Twitter dan Instagram bahkan metode konvensional seperti melalui siaran radio dan televisi tapi tidak bisa menghasilkan penjualan yang memuaskan? Itu karena pembeli belum ditemui oleh si penjual. Ada beberapa sebab karena hal tersebut:
1. Memang follower atau temannya di media sosial tersebut jumlahnya sedikit dan segmen pembeli kurang tepat dan kebetulan barang memang sesuatu yang dibutuhkan oleh orang-orang tertentu.
2. Tidak bisa juga hanya ditaruh begitu saja di internet tanpa ada usaha lainnya (seperti penggunaan SEO di atas)
3. Tidak ada kata kunci penghubung yang memancing pembeli atau bahkan pembeli tidak menemukan sesuai harapannya bisa karena hal no.2 di atas atau pemasangat iklan internet, apalagi barang harus dipertemukan kepada calon pembeli dengan segmen yang tepat. Perlu diingatkan juga bahwa pembelian dadakan bukan karena kebutuhan sangat sering terjadi di internet.

Dan tambahan adalah yang menjual untuk 1 item jenis barang di Internet bisa jadi bukan anda saja, ada banyak penjual lain sehingga bisa terjadi persaingan. Oleh karena itu usaha-usaha tambahan untuk meningkatkan penjualan anda bisa jadi sangat dibutuhkan sehingga anda sebagai penjual barang dipertemukan dengan orang yang tepat dalam hal ini pembeli item barang anda.

0 comments:

Post a Comment