Thursday, June 9, 2016

Kenapa Google tidak akan bisa ditolak kehadirannya? dihubungkan dengan pengembangan teknologi informasi dimasa depan.

Kenapa Google tidak akan bisa ditolak kehadirannya? dihubungkan dengan pengembangan teknologi informasi dimasa depan. Itu semua tidak lain dan tidak bukan karena Google Maps dan Google Earth. Bahkan apple pun yang coba mengembangkan sumber data lokasi inipun akhirnya gagal dan belum terdengar lagi perkembangan terakhir mereka. Google sudah mengembangkan bertahun-tahun hingga mungkin sudah masuk dasawarsa sebelum akhirnya ramai dikembangkan untuk aplikasi turunannya. Mengejar teknologi google pada Maps dan Earth membutuhkan usaha minimal dua kali lipat. Kalau ada pesaing untuk peta internet ini tentunya  sangat menguntungkan bagi siapapun.

Kenapa ini menjadi sangat vital? Karena semua pergerakan orang dan barang dihubungkan dengan kebutuhan manusia berjalan di atas jalan dan area-area atau lokasi tertentu. Dan ini disadari betul oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia teknologi informasi. Google Maps dan Earth masih sangat dibutuhkan bagi para pengembang aplikasi. Pergerakan barang dan orang masih akan ada dan semakin serius sampai puluhan dan ratusan tahun kedepan sampai akhirnya adanya teknologi perpindahan barang secara teleportasi (dengan alat seperti Transporter pada serial atau film Star Trek). Teleportasi pun membutuhkan koordinat walaupun rute dan jejak mungkin tidak bisa terpantau.

Transporter pada serial Star Trek

Hampir semua aplikasi yang membutuhkan informasi jalan, area, dan koordinat posisi mayoritas menggunakan sumber data Google Maps. Bayangkan saja jika Google ditolak atau diblokir maka semua pergerakan atau transportasi orang dan barang tidak dapat dipantau. Selain itu jika Google terblokir maka sejumlah layanan dan aplikasi tidak dapat dijalankan. Akibatnya semua menjadi konvensional mengakibatkan efisiensi tidak tercapai dan biaya menjadi meningkat. Dimasa depan 1 ikon atau posisi di Google Maps akan banyak menyimpan informasi. Bahkan mungkin posisi barang anda di rumah bisa terpantau.

Itu hanya sebagian dari Google apalagi kalau kita harus melihat lebih dalam bagaimana Google sudah menyimpan ratusan milyar data internet pada database mereka.

0 comments:

Post a Comment