Tuesday, June 7, 2016

Indonesia harus memproduksi dan menjual, jangan hanya jadi konsumen.

Berawal dari berite dari sumber ini: businessinsider.com/r-ibm-signs-300-million-it-deal-with-emirates-airline-2016-6?IR=T&r=US&IR=T
IBM signed a $300 million IT deal with Emirates Airline
IBM mendatangani kesepakatan Teknologi Informasi senilai 300 juta dollar Amerika dengan maskapai penerbangan Emirates.

Pernah tidak kesepakatan dengan nilai fantastis dalam dua bidang bergengsi (teknologi informasi dan bisnis maskapai penerbangan) bisa melibatkan negara kita?
Yang sudah terjadi adalah salah satu maskapai kita memesan pesawat dari salah satu perusahaan pembuat pesawat terkemuka dengan nilai fantastis.

Kalau saja ada perusahaan teknologi informasi Indonesia yang mampu mengadakan dan menjual teknologi semacam itu dan mempunyai kesepakatan dengan nilai fantastis maka tentu saja berpengaruh pada peningkatan ekonomi kita.

Indonesia jangan hanya menjadi konsumen tetapi harus berani memproduksi dan menjual yang bukan menjadi basis ekspor seperti pertanian, barang pabrikan dan hasil alam.
Bukan hanya bidang teknologi informasi tetapi bidang-bidang lainnya seharusnya mempunyai kemampuan memproduksi dan menjual barang tersebut melalui mekanisme ekspor bahkan seharusnya ada ide asli dari Indonesia yang bisa menjual. Intinya adalah kita harus bisa meraih keuntungan ekonomi dari negara lain lebih luas lagi.


0 comments:

Post a Comment