Friday, June 3, 2016

4 Hal yang harus diperhitungkan entrepreneur bidang otomotif dan transportasi Indonesia untuk bisnis di masa yang akan datang.

Drone yang dikembangkan oleh peritel online Amazon untuk mengirim buku atau item lain yang dibeli oleh konsumen di toko online mereka. sumber: www.amazon.com

Ada empat hal yang harus diperhitungkan entrepreneur/technopreneur bidang otomotif dan transportasi Indonesia untuk bisnis di masa yang akan datang. Semuanya melibatkan teknologi tingkat tinggi. 4 hal tersebut ialah:

1. Drone tau pesawat tanpa awak.
Beberapa peritel online di luar negeri sudah mulai mengembangkan drone sebagai transportasi dalam mengirim barang-barang mereka. Di Indonesia Drone paling banyak sebagai bisnis dokumentasi (pengambilan video) suatu acara. Dan Drone kelas kecil pun tidak banyak/belum diproduksi di Indonesia.

2. Mobil listrik.
Walaupun masih tersendatnya pengembangan di Indonesia serta aspek legalitas yang belum ada/secara khusus melindungi namun perlu ditingkatkan pengembangannya terutama oleh pihak swasta. Sedangkan bisnis yang akan menggunakan mobil listrik diprediksi mudah untuk dimunculkan.

3. Mobil dengan pengemudi otomatis.
Bikin mobil manual aja masih susah apalagi mau buat yang bisa mengemudikan secara otomatis. Untuk hal yang satu ini kita masih sebagai follower negara lain kecuali ada entrepreneur atau technopreneur yang dengan tekad kuat mau mengembangkan mobil semacam ini.

4.Aplikasi Smartphone khusus transportasi dan otomotif.
Ojek online walaupun dinilai cukup berhasil tetapi masih banyak tanda tanya mengenai perhitungan keuntungan dan payung hukum untuk operasional. Tetapi tetap harus dikembangkan karena potensinya masih sangat besar.

Kenapa yang muncul empat hal di atas? Karena memang empat hal di atas yang sedang hangat-hangatnya dikembangkan di negara-negara maju. Oleh karena itu masih ada kesempatan bagi kita untuk berusaha tidak menjadi follower saja tetapi siapa tahu bisa menjadi pionir atau bahkan leader dalam teknologi tersebut atau teknologi baru yang mungkin bisa muncul.


0 comments:

Post a Comment