Tuesday, May 3, 2016

Opini: Beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab Leicester Juara Liga Inggris

Berikut adalah opini penulis berdasarkan hasil analisa mengapa tahun ini Leicester City (LCFC) bisa menjadi juara liga Inggris:

1. Formasi tim Leicester pada tahun ini diyakini adalah yang paling seimbang dan sangat pas/cocok/sesuai. Ditambah lagi dengan racikan strategi dari Claudio Ranieri sebagai pelatih baru yang tentunya sesuai dengan tim yang ada menjadikan permainan mereka menjadi solid dan terbukti mampu mengarungi jadwal kompetisi sepak bola khususnya di liga Inggris.

2. Ada kejenuhan permainan dialami oleh tim-tim besar liga Inggris seperti Chelsea, Arsenal dan Manchester City serta masih lemahnya MU dan Liverpool dalam membangun tim. Sangat penat dan sangat tidak bergairah melihat permainan tim-tim tersebut.

3. Tim-tim papan tengah pun tidak terlalu menonjol dan tidak memberikan banyak kejutan terkecuali Tottenham Hotspur yang akhirnya menjadi saingan mereka. Tim-tim seperti Swansea, Everton , dll. yang musim lalu sering memberikan kejutan tahun ini malah sedang mengalami penurunan.

Jadi kesimpulannya adalah Leicester mempunyai tim yang benar-benar pas baik dari segi tim, permainan dan bahkan waktunya. Dan kombinasi modal inilah menjadi modal/kunci keberhasilan sebuah tim di liga inggris atau Premiere League yang tidak melibatkan banyak uang.

Di liga-liga negara lain pada masa sepak bola moderen dari tahuan '90an sebenarnya ada juga yang mengalami nasib seperti Leicester ini. Di Spanyol dulu (1999-2000) ada Deportivo La Coruna. Di Italia ada Sampdoria (1990-1991) dan di Jerman ada VfL Wolfsburg dan lain-lain. Bahkan di turnamen seperti Piala Eropa kita masih tercengang dengan juara seperti Denmark dan Yunani.

Sekarang pertanyaannya adalah apakah Leicester mau berkembang seperti Chelsea dan Manchester City atau hanya sebagai tim pembeda saja. Patut kita tunggu di musim-musim selanjutnya. Apakah modal uang sedikit ini bertahan atau hanya modal besar yang bisa menjadikan sebuah tim menjadi konsisten sebagai tim papan atas.

0 comments:

Post a Comment