Friday, May 27, 2016

Angkot Jorok di Kota Bandung

Saya adalah seorang pengguna angkot (angkutan kota) yang cukup sering karena memang angkot masih saja jadikan sarana transportasi utama. Belakangan dalam beberapa perjalanan saya menggunakan angkot tersebut saya menyadari bahwa mobil angkot yang saya gunakan dalam keadaan sangat kotor dan tidak terawat. Entah mengapa saya yang telah bertahun-tahun menggunakan angkot menjadi tersadar dengan keadaan angkot tersebut. Sayangnya saya sedang tidak membawa alat dokumentasi seperti kamera atau hp. Tapi saya dapat memberi penilaian bahwa angkot yang saya naiki tersebut dalam kondisi sangat kotor dan tidak terawat dan untuk pertama kalinya saya benar-benar merasa tidak nyaman hingga hendak turun saja.

Saya tidak tahu apakah fenomena makin banyaknya angkot jorok dikarena penggunaan angkot yang mulai turun seiring dengan banyaknya pemotor sehingga turunnya motivasi (akibat pemasukan yang berkurang) pemilik dan apalagi supir untuk memperhatikan kondisi angkot mereka. Tapi walaupun begitu ya sebelum berangkat mencari penumpang paling tidak disapu atau dilap sedikit lah. Diwaktu dulu masih berjaya tidak menemukan sekalipun angkot jorok semacam itu. Walaupun sekarang banyak juga angkot dengan mobil baru tapi masih sangat sedikit jumlahnya dibandingkan dengan mobil-mobil tua yang masih terus dipaksakan bekerja.

Yang pasti angkot masih dibuthkan tetapi lebih baik jumlahnya dikurangi. Siapa yang tidak siap dengan pelayanan yang baik maka lebih baik cari bisnis lain. Kenyamanan penumpang menjadi salah satu alasan utama mereka bertahan menggunakan angkot.

0 comments:

Post a Comment