Wednesday, December 23, 2015

Negara berkembang baru yang patut diwaspadai.

Orang sering bilang kalau mau lihat suatu kemajuan bolehlah kiranya jika ada uang dan waktu untuk melihat kemajuan di negara-negara seperti Jepang, AS dan negara-negara di Eropa. Ya sebenarnya memang bisa saja sih anggapan tersebut namun saya kira zaman telah berubah khususnya di negara-negara berkembang baru yang notabene menjadi pesaing negara kita.

Negara-negara tersebut adalah negara seperti Vietnam, Myanmar, Thailand, dan Filipina. Untuk Vietnam khususnya sudah banyak kita dengar bahwa negara itu menjadi pilihan utama tujuan investasi dan pabrikasi industri karena upah yang murah. Beberapa notifikasi mengenai kemajuan Vietnam terungkap pula dalam beberapa berita. Nah dari indikasi-indikasi seperti itu kiranya kita harus meningkatkan kewaspadaan. Kita tidak boleh segan untuk melihat negara-negara seperti Vietnam.

Memang mungkin masih jauh untuk menilai bahwa negara-negara tersebut sudah berkembang cukup pesat dikarenakan ada rintangan-rintangan tertentu di negara mereka masing-masing dan Indonesia juga sebenarnya sudah cukup baik dan membuka peluang menjadi negara yang diperhitungkan. Tetapi tetap kita tidak boleh terlena seperti kita membiarkan kemajuan bidang olah raga terhenti dan tidak berkembang.

Semua bidang meliputi politik, ekonomi, sosial dan lain-lain harus mencapai titik kemajuan dan semoga kita dapat meraihnya di masa-masa yang akan datang yang tentunya diharapkan tidak terlampau lama. Kuncinya cuma 1 yaitu bersama-sama.

Sunday, December 20, 2015

Kasus GoJek dan Metromini.

Kasus GoJek dan Metromini membuktikan bahwa yang namanya perizinan di negeri ini ya susah sekali. Saya yakin banyak yang mau berinvestasi di bisnis transportasi dan pendukung transportasi tetapi terhalang dengan berbagi perizinan yang bahkan seseorang yang mengusahakannya akan terus berputar-putar didalamnya karena memang sebenarnya regulasinya berbelit atau belum ada dan akhirnya dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu.

Kalau seandainya regulasi jelas serta tepat dan ditindaklanjuti dengan cepat maka tidak akan ada orang menyediakan jasa layanan transportasi yang membuat orang tidak nyaman untuk memakainya. Pengelolaan transportasi harus secara menyeluruh dan komprehensif serta melibatkan ketermajuan zaman. Salah satu contoh pengelolaan serius dari bisnis transportasi lagi-lagi kita harus berkaca pada negeri paman Sam Amerika Serikat.
Bisa dilihat dari jurnal berikut:
www.apta.com/resources/statistics/Documents/Caseforbusiness.pdf