Saturday, October 31, 2015

Ide StartUp Makanan: Nasi bungkus daun isi variasi.

Ide ini sebenarnya melihat kepada burger isi daging. Hanya saja burger termasuk makanan cepat saji yang baiknya dikonsumsi dalam kesempatan-kesempatan tertentu. Oleh karena itu terpikirkan bagaimana mengganti roti dengan nasi dan ada isiannya tetapi bentuknya tetap bulat.

Kenapa bentuknya sama karena masalah kepraktisan (dimakan seperti burber) dan porsi makan yang relatif sesuai. Nasi bisa berupa nasi putih atau nasi merah yang dibungkus oleh daun pisang. Dan isiannya merupakan lauk yang umum dijumpai di negara kita seperti rendang, daging semur atau bisa sayur-sayuran. 

Yang membedakan ialah makanan ini tidak diracik ditempat tetapi sudah jadi dan melewati proses pemanasan sebelum disajikan bisa berbentuk steam seperti bapau atau baso tahu. Mungkin makanan ini bisa diberi judul burger nasi atau nasi bulat. Hampir mirim seperti nasti tim mangkok tetapi ini nasi biasa dan isinya di dalam bukan di permukaan.

Friday, October 30, 2015

Pentingnya membagikan Ide Anda.

Baru saja kemarin kami bagi ide kami lalu muncul artikel di atas tentang pentingnya membagi ide anda.

Inti dari artikel tersebut adalah membagi ide atau 'share' ide itu penting karena orang justru akan membangun kesadaran bahwa andalah yang mengemukakan ide tersebut dan menunjuk anda bahwa ide tersebut milik anda (ada pengakuan). Dengan membagi ide anda juga maka peluang ide tersebut diaktualisasi akan semakin besar karena orang akan memberikan dukungan bahkan memberikan bantuan-bantuan agar bisa terwujud. Dan tentunya itu akan memberikan semangat tersendiri bagi anda.

Penting bagi Operator Twitter buat Perusahaan.

Hampir semua perusahaan terutama yang menghasilkan produk dan jasa yang digunakan banyak orang sangat peduli terhadap promosi di media sosial. Menjembatani hubungan dengan konsumen dan menjaga hubungan dengan konsumen adalah juga merupakan pentingnya membuka akun media sosial seperti twitter.

Dengan membukan akun twitter seharusnya pihak perusahaan benar-benar memanfaatkan sarana tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam me
ngelola media sosial tersebut terutama twitter. Berdasarkan pengamatan terhadap beberapa akun twitter perusahaan, penulis menghasilkan hasil analisa sebagai berikut.

1. Keamanan. Hendaknya akun twitter perusahaan perlu mengutamakan keamanan akun baik itu berupa password serta konfigurasi lainnya. 

2. Aplikasi. Disarankan jangan mendaftarkan akun perusahaan dengan akun pribadi dalam satu aplikasi twitter. Kesalahan akun pada posting bisa berakibat cukup fatal. Misalkan anda sebagai operator seharusnya memposting di akun pribadi tapi malah masuk ke akun perusahaan.

3. Informasi. Jangan memberikan informasi kalau anda sendiri sebagai operator belum paham sepenuhnya kecuali anda sedang bersama-sama supervisor anda. Jangan pula anda memberikan informasi yang sumbernya jauh dari internet sebagai media anda, misal anda ditanyakan mengenai informasi suatu persyaratan tetapi anda malah menyuruh yang bertanya untuk melihat media cetak. Usahakan sumber informasi yang anda akan berikan termasuk dalam website perusahaan.

4. Hak Cipta. Jangan dengan mudah menggunakan materi yang ada di Internet untuk kampanye atau promosi atau sekedar mengisi linimasa anda. Ingatlah bahwa semua materi internet belum tentu bebas digunakan. Gunakan notifikasi akan sumber dari materi yang diambil untuk menghargai sumber anda

5. Untuk akun non CS atau customer service sekali-kalilah linimasa anda diisi posting twit yang bisa menghibur atau menggugah perasaan follower atau pengikut anda tetapi tidak berlebihan dengan membahasnya. Kalau anda 'share' atau bagikan sebuah tautan atau link sumber informasi pastikan memang mengarah ke sumber informasi jangan ke hal yang lain yang tidak ada hubungannya atau tautan atau link tersebut 'offline'.

6. Jangan mudah hapus atau 'delete' twit anda. Gunakan twit pengoreksi untuk mengoreksi kesalahan sebelumnya. Karena bisa menimbulkan intepretasi dari pengikut atau 'follower'.

Dan sebenarnya masih banyak lagi dalam melaksanakan fungsi operator media sosial khususnya twitter yang sebenarnya berbasis pada ilmu komunikasi dan ilmu 'public relation'.


---
Nel

Thursday, October 29, 2015

Penawaran Jasa Menjual di Toko Online dan Penanganan Media Sosial

Kami dari manajemen GoenOnline.Com menawarkan kepada anda yang tidak mempunyai waktu luang cukup banyak untuk bisa memasarkan barang produksi anda melalui toko online yang kami punya (keuntungan reputasi). Persyaratan:
1, Bukan makanan basah.
2. Bukan berbentuk produk cairan.
3. Bukan beli putus.
4. Bukan benda berbahaya dan berpotensi menimbulkan pertanyaan.
5. Tidak besar dan berat.

Selain itu kita menawarkan untuk menjadi operator website atau situs online anda dan juga media sosial twitter anda.

Langsung mention twitter kami @goenonline


Nih Satu Ide StartUp: Aplikasi Jadwal Olah Raga di suatu Kota

Apakah ini sudah ada atau belum tapi tidak apa-apa memunculkan ide siapa tahu memang belum ada. 

Jadi StartUp ini berbentuk yang berbentuk Aplikasi ponsel adalah untuk memunculkan jadwal-jadwal event olah raga di suatu kota lengkap dengan jadwal setiap pertandingan yang ada di dalamnya beserta informasi para peserta. Bahkan nantinya bisa langsung memesan tiket apabila memang ada tiket masuk. Masih banyak lagi informasi yang dapat dikembangkan, misal: transportasi ke venue atau tempat lomba diadakan. Bahkan lebih berkembang lagi mengenai penyewaan tempat olah raga (gor/lapangan/dll.) dan penjualan alat-alat olah raga. Event olah raga yang dihimpun ada baiknya dari skala kecil sampai skala besar.

Tontonan olah raga sudah menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, jadi yakin pasti banyak mengundang minat masyarakat untuk menonton. Apalagi selama ini jadwal event/acara/kejuaraan olah raga sering tidak banyak diketahui masyarakat.

Dari Aplikasi ini bisa didapatkan keuntungan komersil dari pembagian keuntungan dari tiket (bila ada), promosi event, iklan, dan bentuk kerja sama lainnya. Salah satu sumber informasi bisa didapat dari KONI daerah atau organisasi cabornya.

Jadi yang tertarik untuk membuatnya jangan lupa ya ajak kita :)


---
Nel

Suatu saat jadi yang melaksanakan Ide.

Dalam blog ini penuh dengan ide-ide sebagai kontribusi pemikiran kami untuk lingkungan sekitar bahkan untuk negara dan bangsa. Kontribusi kami mungkin kecil tetapi suatu saat kami mungkin bisa terlibat dalam ide-ide yang telah kami kemukakan atau ide-ide orang lain.

Kami tidak ingin menjadi orang yang penuh kritik di media sosial dan karena di media sosial bahkan kritik pun bisa terlihat sperti kebencian. Ada orang dengan gelar yang luar biasa tetapi sangat fasih untuk kritik di media sosial. Semua hal dikritik tanpa ada solusi. Janganlah seperti itu.




Wednesday, October 28, 2015

Penawaran Menarik Diecast Mobil dari MATCHBOX

Dijual miniatur model mobil diecast MATCHBOX. Tidak perlu susah-susah nyari lagi. Barang pilihan dan langka.
Landrover Defender 110
Toyota LandCruiser

Formulasi Paket Tujuan Wisata di Indonesia

Indonesia negeri yang Indah itu sudah fakta yang tak terbantahkan. Hampir setiap Provinsi di Indonesia mempunyai daerah andalan yang menjadi tujuan wisata karena Panorama dan Keindahannya ditambah dengan kebudayaan lokalnya. Tapi ya disitu juga menjadi masalah.

Sering turis mancanegara atau orang dari luar negeri mengatakan bahwa mereka lebih mengenal Bali dari Indonesia. Sebenarnya tidak heran mengapa jadi demikian karena menurut hemat kami Bali adalah satu kesatuan tujuan wisata dimana terdiri dari objek-objek wisata yang tersebar di sebagian besar wilayah Bali. Nah bandingkan dengan Indonesia yang luasnya sedemikian rupa dimana ada beberapa objek wisata tersebar di beberapa provinsi. Tentunya memakan waktu dan biaya yang besar untuk paling tidak sedikitnya ada tiga daerah tujuan wisata dapat disinggahi dalam periode waktu tertentu belum lagi bagaimana mereka yang berkunjung menghabiskan waktu untuk mengetahui informasi perjalanan dan segala hal yang diperlukan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Dan otomatis Bali menjadi pilihan yang lebih masuk akal karena memang ada di satu provinsi saja.

Oleh karena itu sebaiknya diperlukan integrasi-integrasi tujuan wisata dalam satu paket yang bisa dipiliha oleh turis. Misalnya Paket Wisata Jakarta-Yogya-Sulawesi Utara. Kalaupun menjadi single destination atau satu juan wisata saja maka Pemda Provinsi harus benar-benar menyediakan basis-basis pariwisata mereka. Misalkan satu provinsi mempunyai Danau sebagai keindahan alam maka agar turis kaya akan pengalaman mereka harus mengusahakan tempat-tempat lain seperti misalnya membuat kampung budaya dan jenis pariwisata lainnya. Tetapi intinya adalah paket tersebut menyediakan kemudahan perjalanan bagi para turis. Apakah itu dikerjakan oleh pemerintah daerah atau swasta yang jelas harus bersinergi.

Razia Produk Impor Ilegal dan non SNI.

Beberapa hari ini sangat gencar adanya selentingan informasi tentang razia produk impor ilegal dan non SNI atau barang yang belum terdaftar di SNI. Praktis ini menjadi suatu kegelisahan tersendiri di kalangan pedagang. Produk yang akan diawasi adalah produk sandang dan elektronik. Sebenarnya desas-desus ini sudah lama ada dari dulu. Hanya saja ini menjadi sebuah hal yang musiman. Kalau lagi niat ya bergerak kalau lagi ga lolos terus.

Percayalah bahwa barang impor ilegal yang masuk sangat memukul industri nasional terutama industri sandang. Belum lagi bahwa ini berhubungan dengan neraca perdagangan serta indikator ekonomi yang akhirnya berimbas pada nilai tukar rupiah.

Kalau kita ke pasar pakaian jadi berapa sih persentase yang benar-benar berasal produk lokal? Apakah mendominasi? Kalau pasar umum bisa jadi tidak. Hanya pasar khusus yang mungkin saja benar-benar produk lokal mendominasi seperti distro lokal.

Serapan di pasar inilah yang seharusnya dirajai oleh industri lokal. Bayangkan ketika industri lokal berhadapan dengan satuan dagang impor. Bayangkan penawaran satuan/lusin berhadapan dengan kodi atau bahkan satuan yang lebih besar lagi. Itu hanya berbicara mengenai sandang apalagi berbicara mengenai elektronik yang jauh lebih kompleks.

Oleh sebab itu pengawasan produk impor memang dibutuhkan sembari memfasilitasi produk-produk lokal terserap di pasar yang besar.

Tuesday, October 27, 2015

Membuka Peluang Pionir Industri.

Masih bertema tentang Industri.
Indonesia harus memikirkan Industri apa yang akan menjadi pionir atau 'trademark' bagi negara. Sebab kalau harus kembali memikirkan mobil nasional tentunya cukup jauh tertinggal. Satu-satunya peluang tentang mobil adalah dengan langsung mengembangkan mobil ramah lingkungan, itupun tidak mudah.

Memikirkan industri yang bakal menjadi pionir adalah masalah inovasi dan kreativitas serta dengan membangun penelitian bahkan dicampur dengan mimpi atau angan-angan/imajinasi. Karena semua merek/brand terkenal saat ini berasal dari visi si pencipta dengan ide yang sangat jauh ke depan.

Bahan mentah yang kita punya harus segera diolah di dalam negeri. Produk mentah menjadi 1/2 jadi dan 1/2 jadi menjadi barang jadi, atau lebih jauh lagi 100% kemandirian industri harus diwujudkan tanpa ada impor atau ekspor bahan mentah.

Sebagai contoh ide: kalau memang di masa depan yang berlaku adalah mobil listrik kenapa kita tidak mempersiapkan bahan baterai yang sangat efisien. 

Ide-ide seaneh/'absurd' apapun tetap harus dimunculkan. Biarkan imajinasi anda mengalir dan tervisualisasikan. Toh ponsel zaman sekarang hasil dari pemikiran seseorang yang dulu dianggap aneh.


Industri Yang Belum Bisa Dikejar.

Salah satu Industri yang belum bisa dikejar sepenuhnya adalah industri aksesoris gadget. Gadget tersebut bisa berupa tablet/pad/smartphone/ponsel/laptop dan lain-lain. Padahal menurut saya industri ini sangat luar biasa karena mengikuti industri gadget itu sendiri yang sedang berkembang.

Seperti produk manufaktur kecil lainnya yang membanjiri pasar adalah produk impor dari China. Tidak bisakah pengrajin kita yang terkenal ulet dan cukup terampil mengerjakan aksesoris tersebut? Karena berdasarkan pengamatan barang atau produk aksesoris hasil domestik yang ada di pasar sebagian besar berbentuk tas (dan sebenarnya tidak banyak produk lokal) yang intinya memerlukan ketelitian dimensi atau spesifikasi yang sederhana alias hanya mengukur panjang dan lebar (asal masuk ke dalam). Bisakah mereka membuat suatu 'case' atau 'cover' yang sangat presisi pas untuk gadget yang dijual?

Seharusnya justru pengrajin itu akan menghasilkan produk yang unik dan kaya akan bahan tidak seperti barang pabrikan yang kaku. Saya yakin bisa bersaing dengan produk China dan bahkan bisa diimpor juga. Dan sekali lagi bukan 1 atau 2 nama pemain saja karena diharapkan menjadi industri paling tidak kalau memang industri gadget nya masih susah. Masih ada sisa mungkin 5 tahun sebelum gadget mungkin tidak membutuhkan aksesoris akrena sifat dan fungsinya.

Ide misalnya: 'case' dari bambu, dari kain batik, dari rajutan, dll.

Monday, October 26, 2015

Kota Bandung kota sejuta Restoran/Kedai makan?

Sekarang di jalanan Kota Bandung baik jalanan utama dan jalanan umum kecil/arteri sepertinya ada saja dalam sepanjang jalan tersebut ada 1 atau 2 rumah yang mempunyai fungsi ganda. Fungsi hunian dan fungsi bisnis. Fungsi bisnis ini biasanya dengan membuka restoran atau kedai makan. Apakah Bandung akan dijuluki kota sejuta restoran/kedai makan?

Apakah itu pertanda baik atau tidak. Penulis belum menyimpulkan dan belum bisa membuat analisa. Karena ini memang fenoma 2 tahun belakangan. Entah warga Bandung yang suka makan atau bagaimana.


Sunday, October 25, 2015

Perlunya Investigasi lanjutan setelah lomba MotoGP Sepang 2015.

Valentino Rossi akhirnya dijatuhkan hukuman pengurangan poin di klasemen dan akan start pada posisi terakhir pada lomba selanjutnya. Semua ini buntut dari insiden dengan Marc Marques di sirkuit Sepang 2015.Tetapi mungkin masalah ini belum selesai. Kalau kita meyakini Rossi sengaja memberikan sentuhan kepa Marc agar terjatuh maka perlu juga kita mengetahui latar belakang kejadian tersebut.

Pada race sebelumnya Rossi sempat memberikan pernyataan bahwa Marc sengaja menghalang-halangi dirinya untuk mendapatkan hasil maksimal dalam usaha perebutan juara dunia. Seharusnya pernyataan in menjadi 'warning' atau peringatan kepada pihak MotoGP akan jalannya lomba seterusnya karena situasi yang cukup memanas dalam perebutan juara. Memang iya Marc sudah tidak punya peluang untuk juara dunia tetapi hal itulah justru yang bisa membuat dia berpeluang melakukan sesuatu yang lain dari tujuan pembalap yaitu menjadi juara. Lantas kalau benar apa yang menjadi kepentingan Marc? Main-mainkah? Dendam? Ketidaksenangan Rossi menjadi 10 kali juara? Dan kenapa Rossi berbuat demikian mengingat reputasi dia sebagai legenda MotoGP yang sudah makan asam garam di dunia tersebut?

Pertarungan Rossi dan Marc bukan kali ini saja. Tercatat banyak sekali duel pertarungan antara mereka berdua yang berakhir baik kemenangan Rossi atau Marc. Jadi sebagai pembalap profesional dan olah ragawan sejati tentunya hal tersebut hal yang biasa sebuah kompetisi. Namun sejarah olah raga juga mencatat bahwa hasil akhir suatu lomba atau pertandingan kadang dibumbui oleh sikap pemain atau peserta yang tidak sesuai, ambil contoh Piala Dunia Sepak Bola 1986 Argentina vs Inggris dengan kejadian gol tangan Tuhan.

Saya kira sangat wajar jika pihak MotoGP meakukan investigasi lanjutan baik kepada Rossi, Marc dan semua yang berpotensi  memberikan informasi yang sejelas-jelasnya. Dan di MotoGP pun pasti ada data-data sebagai penunjang investigasi misalnya data-data indikator gerak/kondisi motor pada saat lomba berlangsung atau sering disebut telemetry serta data-data penunjang lainnya. Dengan investigasi tersebut diharapkan setidaknya  dapat memberikan titik terang atas kejadian ini.


Remaja lebih suka Novel dibanding Buku Pengetahuan, bagus atau tidak?

Fakta dari Toko Buku adalah buku novel mendominasi pembelian buku oleh remaja (hampir 80% dari total penjualan buku yang dibeli oleh remaja, *penelitian lebih lanjut dibutuhkan). Kalaupun buku Pengetahuan meningkat penjualannya itu karena buku persiapan UN/soal-soal UN menjelang UN atau Ujian Nasional atau kenaikan kelas. 

Apakah kondisi ini bagus atau tidak? 
Menurut penulis kondisi ini tidak bagus. Tidak bagus disini artinya persentase buku novel dan buku pengetahuan seharusnya berimbang dan diiringi oleh angka penjualan yang seharusnya meningkat secara keseluruhan yang mengindikasikan kenaikan minat baca. Jadi intinya adalah tidak ada masalah dengan jumlah novel dan sejenis yang dibeli  tetapi ada baiknya jumlah buku pengetahuan pun sama besar peminatnya. Mengapa kondisi ini terjadi? 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi ini terjadi, beberapa diantaranya: 
 1. Remaja sekolahan sekarang habis waktunya di sekolah dan kegiatan lain yang menuntut mereka untuk memacu terus kerja otak mereka. Jadi sangat wajar apabila mereka membutuhkan sesuatu yang bersifat memanjakan otak mereka dengan bacaan cerita apalagi yang menarik dan penuh humor. 
2. Buku pengetahuan pun tidak ada yang semenarik buku novel. Kreativitas pada buku pengetahuan dirasa kurang. Masih jauh lebih baik untuk buku anak. 
3. Dari kondisi pada no.2 menjadikan jumlah judul buku pengetahuan sangat terbatas itupun terbantu oleh buku-buku kemampuan individual yang seharusnya dibaca mulai setingkat mahasiswa.

Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan oleh penulis bahwa kondisi masih tidak ideal tetapi tetap bersyukur bahwa minat baca mungkin bertambah walaupun tidak signifikan.