Saturday, October 24, 2015

Mau pergi ke Jepang? Bisa cari info di sini.

Bagi yang mau berwisata/traveling ke Jepang bisa mengikuti akun twitter informasi wisata Jepang Tourist Note JAPAN @touristnoteid, bisa lihat pengalaman mereka yang telah pergi ke Jepang. Beberapa catatan perjalanan ke Jepang diantaranya:

Silakan di follow akun twitter tersebut untuk melihat informasi-informasi lainnya.

Nutrisi anak sejak masih janin dan masa pertumbuhan anak.

Ini adalah potongan berita dari portal berita online detik.com:

Lihatlah bagaimana di foto tersebut ada selisih tinggi badan yang luar biasa antara anak Indonesia dan anak Kanada (lihat apalagi dengan anak yang jauh berdiri di belakangnya) padahal mereka dalam rentangan umur yang relatif sama. Mengapa bisa terjadi?
Ok bahwa mereka berasal dari ras yang berbeda sehingga memang sudah selayaknya demikian dan faktor keturunan tetapi apakah memang harus terpaut cukup jauh? Dalam banyak kasus sih ada yang pertumbuhan anak Indonesia terutama di kota-kota cukup mengalami perkembangan.

Saya kira yang terpenting adalah nutrisi anak sejak masa janin dan dalam masa pertumbuhan anak. Ini sangat penting. Saya yakin orang tua pastinya sudah memberikan yang terbaik bagi buah hatinya. Hanya saja untuk sekarang-sekarang ini dalam keadaan ekonomi yang belum tumbuh masa pertimbangan pilihan asupan makanan bagi anak dan ibu hamil serta menyusui pastinya berada dalam pertimbangan tertentu.

Apalagi menjadi atlit. Asupan makanan buat atlit ya ga main-main. Kalori dan vitamin sangat berperan. Makanan biasa pastinya ga cukup. Harus ada tambahan dan suplemen makanan. Kalo ga ya akan susah membentuk badan yang cukup proporsional.

Yang bisa diharapkan saat ini dan beberapa tahun mendatang adalah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang memungkinkan masyarakat dapat membeli banyak pilihan makanan sehat terutama produk susu. Sebab saya rasa minum susu udah sangat jarang sekarang. Seminggu sekali minum susu buat anak dalam masa pertumbuhan itu sangat kurang. 

Friday, October 23, 2015

Manfaat Yoghurt.

Di lemari es pajangan bagian minuman dingin di supermarket-supermarket atau bahkan di minimarket-minimarket sekarang banyak sekali ditemukan produk minuman atau produk susu yoghurt. Bahkan produk-produk rumahan pun ikut meramaikan produksi minuman ini.

Selain minuman sekarang yang lagi populer yaitu teh hijau maka yoghurt pun ikut menjadi pilihan minuman yang mulai digandrungi. Sebenarnya seberapa baikkah minuman yoghurt ini sehingga penting untuk dikonsumsi? Mari kita ulas secara singkat apakah manfaat Yoghurt bagi tubuh kita.

Apa manfaat yoghurt bagi tubuh kita?

Sertifikasi, Standardisasi dan Pengkuran Komersil Batu Akik

Sudah dari sejak awal saya mempunyai pemikiran agar batu akik mempunyai ukuran komersil yang jelas sehingga menjadi komoditas yang memang benar-benar diperhitungkan (bukan musiman) alias bisa berperan dalam kehidupan perekonomian layaknya emas, permata dan sebagainya.

Mungkin aturan ini dianggap ribet atau menyusahkan atau tidak memiliki acuan yang jelas layaknya emas atau batuan mulia lain tetapi disitulah seharusnya harus disadari bahwa batu akik sebenarnya punya potensi yang luar biasa.

Memang batu akik kalau dilihat-lihat lebih kepada selera konsumen terhadap bentuk fisik dari akik dan batuan setipe lainnya misal dari warna, bentuk, dll. dan hal itulah kadang lengket kepada pemilik awal batu dibuat dan menjadi agak susah untuk dijual kembali. Namun justru ciri-ciri fisik itulah yang harus diterjemahkan kedalam standar-standar batu sehingga bisa diukur dan bahkan bisa ada sertifikatnya. Bagi saya agak aneh bila ada batu akik yang dinilai oleh penjualnya sampai bernilai dengan harga yang fantastis atau relatif besar. Nilai komersil tersebut bahkan saya tidak tahu apakah bertahan atau tidak.

Sekali lagi ini hanyalah usulan agar pasar batu akik tetap dinikmati sepanjang masa tanpa harus menunggu waktu 'booming' atau sedang nge'trend'.

-
Nel

Thursday, October 22, 2015

Jual Bubuk Green Tea

Jual bubuk minuman rasa Green tea.

Wednesday, October 21, 2015

1 Trik promosi di Media Sosial khususnya Twitter.

Pada kesempatan ini saya bagikan 1 trik bagaimana mempromosikan produk atau jasa anda di twitter secara murah.

Trik ini dinamakan follow orang yang sedang tertarik terhadap sesuatu di twitter.

Bahan:
Akun personal dengan profil keterangan usaha atau produk tetapi tidak terlalu mencolok. Bisa dengan gambar profilnya.

Tahapannya adalah:

1.Pilih topik yang sesuai dengan produk atau jasa anda.
Misal anda sedang mempromosikan produk makanan. Maka fokusnya ke yang berhubungan dengan makanan.

2.Dengan tool seperti tweetdeck pantau orang-orang yang sedang me'retweet' atau bahkan memfollow akun-akun berita atau akun informasi spesifik (sebagai akun potensial). Misal akun teknologi atau yang sesuai dengan tahapan 1.

3.Periksa follower akun potensial apakah dibawah 1000 dan di atas 20 akun follower.

4.Bila sesuai dengan tahapan 4 maka anda segera bisa memfollow akun potensial tersebut dengan akun anda yang sudah berisi keterangan promosi produk anda pada profil akun anda tetapi usahakan sebagai akun personal bukan mewakili perusahaan.

5. Dikemudian hari anda bisa unfollow beberapa orang yang sudah diikuti jika anda terlalu banyak follow akun potensial.

6. Sebaiknya akun yang anda gunakan mempunyai follower yang cukup sekitar 50 sampai 100 akun.

7. Sebaiknya jangan mention akun potensial tersebut kecuali ditanyakan tentang produk anda yang dipromosikan.

Demikian trik sederhana dari kami. Bisa dicoba asal jangan 'spam' :)

Panel surya daerah pedesaan.


Inti dari berita itu adalah bagaimana masyarakat 'rural' atau pedesaan di India mengembangkan pemikiran yang ternyata sangat maju ditengah keterbatasan.
Mereka menggunakan sumber matahari untuk membangkitkan listrik mereka dan kerennya mereka menggunakan sistem panel surya atau solar cell.

Disebutkan juga bagaimana perubahan-perubahan yang terjadi ketika mereka bisa menghasilkan listrik sendiri. Diantaranya adalah mereka bisa bekerja di malam hari sehingga produktivitas mereka menjadi meningkat.

Di Indonesia sebagai negara yang dilintasi matahari yang sangat terik seharusnya bisa mengembangkan kesadaran ini. Baik di desa ataupun perkotaaan seharusnya sudah dimulai mengembangkan sistem pasokan listrik dari bahan baku yang terbarukan dalam hal ini matahari.

Salah satu hal yang bisa dilakukan pemerintah adalah memberikan informasi atau brosur dengan penyuluhan atau sosialisasi tentang bagaimana pemanfaatan energi matahari secara mudah dan sederhana.

Bahkan ini sebenarnya bisa jadi bisnis, yaitu bisnis pemasangan sistem pembangkit listrik dengan panel surya.

*Foto di atas terlihat bahkan toko kecil menyediakan alat panel surya.

Tuesday, October 20, 2015

TAMIYA akhirnya ada Skala sebenarnya alias mobil beneran

Siapa dulu suka main TAMIYA? (TAMIYA mulai terkenal di Indonesia sekitar awal tahun 90an, yah ketahuan deh umurnya :)). TAMIYA dulu adalah permainan sangat digemari oleh anak-anak. Beberapa Mall punya lintasan khusus untuk TAMIYA. TAMIYA awalnya adalah rancangan memang untuk mainan (mungkin terinspirasi dari mobil balap formula) bukan dari mobil sesungguhnya. Berbeda dengan mobil-mobil lainnya yang kemudian muncul model miniaturnya berupa diecast mobil.

Nah sekarang TAMIYA melakukan gebrakan terbalik. Maksudnya adalah kalau yang umum mobil sungguhan dibuat skala kecil atau model miniatur maka TAMIYA membuat model sungguhannya atau mobil skala sebenarnya.

Kita lihat di video berikut:



Walaupun terlihat masih kaku dan terasa berat tapi mereka benar-benar bisa membuat skala atau model mobil yang sesungguhnya. Keren!

NEW! LINE Let's Get Rich

Download APK LINE Let's Get Rich

Beberapa kelemahan dalam penggunaan Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen berbasis teknologi digunakan sebagai otomatisasi dan komputerisasi berbagai pengolahan data manual atau yang sebelumnya menggunakan form tulis/ketik. Tapi dalam pelaksanaannya masih terdapat kesalahan atau ketidaktepatan yang bisa merusak jalannya sistem. Penulis mempunyai analisa (berdasarkan pengamatan dan keterangan lain) beberapa kelemahan dalam penggunaan Sistem Informasi Manajemen. Berikut rincian hal tersebut:

1. Tidak adanya latihan penggunaan komputer dan perangkat lainnya. 
Faktor ini bisa fatal bagi mereka para operator yang bahkan belum pernah memegang komputer sebelumnya. Proses sistem bisa menjadi lama (input data) karena banyaknya jeda untuk bertanya atau konfirmasi atau bahkan melihat catatan atau panel-panel alat.

2. Membeli perangkat lunak SIM yang tidak kompatibel atau tidak sesuai.
Kalau terkomputerisasi pastinya memakai perangkat lunak atau software juga. Tetapi kadang hanya karena kebutuhan SIM mereka ingin membeli yang sudah jadi dan tidak meninjau ulang sistem. Sebenarnya tidak apa-apa hanya saja perlu ada kustomisasi dari perangkat lunak yang digunakan. Misal: software atau perangkat lunak untuk toko minimarket berbeda antar 1 toko dengan yang lain (walaupun jenis toko sama) ataupun besar kecilnya toko juga berpengaruh. Lebih lanjut bahkan faktor-faktor lingkungan dan budaya bisa saja loh mempengaruhi penggunaan atau tercermin dari software yang digunakan.

Monday, October 19, 2015

Memahami apa itu Startup secara sederhana.

Belum juga tenar dengan entrepreneur (mengacu pada masih sedikitnya pengusaha baru atau wirausaha di Indonesia) 2 tahunan ini kita sering diperdengarkan istilah Startup. Startup ya sebuah perusahaan baru tidak melulu di bidang teknologi (karena sekarang yang nge'trend' adalah 'IT' jadi anggapannya seperti itu). Tetapi apa yang membuat Startup menjadi khusus?

Sebuah usaha atau perusahaan dapat dikenalkan sebagai Startup apabila dia mengusahakan sesuatu yang inovatif atau yang baru ada bisa sebagai yang pertama di lingkungannya dan pengusahanya atau manajemen mempunyai ambisi yang besar terhadap capaian yang akan diraih dan tentunya dia yakin dan mampu untuk menjawab tantangan pertumbuhan bisnisnya (disertai adanya perencanaan yang matang akan sumber daya dan kapasitas) sebesar-besarnya. *

Perusahaan Raksasa Teknologi Informasi Lakukan Pengembangan Usaha.

Menjalankan perusahaan tak terlepas dari strategi dalam menghadapi pasar. Tidak terkecuali dengan para raksasa Teknologi Informasi. Beberapa perusahaan tersebut ada yang melakukan diversifikasi usaha dengan mencapluk perusahaan-perusahaan lain terutama dalam bidang yang sama yaitu teknologi informasi. Akuisisi-akuisisi yang dilakukan Google, Facebook, Microsoft, Apple, dll. dengan menggelontorkan biaya yang sangat amat tinggi tetapi tentunya sudah diperhitungkan manfaat yang akan diraih. 

Selain strategi diversifikasi mereka lakukan juga membuka lini produk baru atau pengembangan usaha bahkan mereka mulai berani bermain dalam bidang yang bukan bidang asli mereka seperti terjun ke bidang otomotif yang dilakukan oleh Apple.

Pada kenyataannya bukan perusahaan-perusahaan besar saja yang melakukannya. Banyak perusahaan menengah yang sedang berkembang melakukan strategi tersebut. Mereka sadar persaingan menjadi sangat ketat dan berusaha menjadi pertama dalam produk-produk baru dan berharap atau bersyukur bisa menjadi leader.

Pertanyaannya adalah kalau Apple membuat iWatch kenapa Tag Heuer atau Swatch atau Casio atau bahkan Rolex tidak membuat ponsel/ponsel premium?
Seharusnya bisa tapi karena kinerja keuanganlah yang sangat menentukan dalam hal ini. Selain itu yang terbawa adalah teknologi kekinian sedangkan teknologi jam tangan mungkin hanya segi desain dan fitur yang dikembangkan.

Contoh terbaru:


Sunday, October 18, 2015

Momentum menuju pasar global.

Di dekat rumah sedang ada pagelaran kickfest 2015, sebuah ajang atau acara berupa pasar/market dari berkumpulnya pengusaha-pengusaha pakaian jadi atau sering disebut clothing/distro wear. Ada juga kumpulan pengusaha makanan dengan berbagai macam bahan dan penyajian plus digabungkan dengan anak muda yang bermusik. Intinya adalah sebuah kreativitas anak muda untuk market anak muda. Saya tidak tahu persis capaian mereka-mereka yang membuka lapak-lapak atau booth produk mereka namun kalau melihat animo pengunjung tiap tahun yang sangat besar dan antusias dalama berbelanja saya yakin mereka mendapat keuntungan yang cukup dikategorikan sukses.

Terlepas dari banyaknya pengusaha yang serupa dan persaingan yang ketat untuk distro, dan hanyalah yang benar-benar mempunyai brand terkenal (oleh karena biaya promosi yang ternyata tidak sedikit) yang benar-benar bisa menghasilkan keuntungan dengan margin yang relatif lumayan. Tetapi sekali lagi masih belum terukur apakah tingkat kemakmuran usahanya relatif tinggi untuk sekelas pengusaha pakaian jadi ataupun yang selevel dengannya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah semangat mereka untuk bisa meraih pasar dalam negeri di tengah membanjirnya produk murah dari negeri tirai bambu. Pertanyaan besar adalah mengapa mereka-mereka ini yang bisa dikategorikan sukses ini tidak diberikan sebuah kemudahan dan jalan agar mereka membawa semangat produksi dan kreativitas mereka untuk meraih capaian yang semakin tinggi melalui impor produk mereka ke luar negeri.

Sebab agar dapat negara ini menjadi negara yang mempunyai kinerja finansial yang bagus adalah dengan masuknya uang-uang dari negara lain. Karena nilai perputaran uang sangat sempit apabila pelaku pasar hanya didominasi oleh lokal. Perlu adanya kemampuan untuk menjual untuk pasar global.

Oleh karena itulah justru pengusaha-pengusaha distro mempunyai kesempatan dalam membela negaranya dalam persaingan ekonomi dunia. Apalagi sebentar lagi ada yang namanya free trade area atau perdagangan bebas. Entah gimana itu jadinya.

Intinya sekali lagi adalah bagaimana pemerintah mampu memberi petunjuk dan bantuan sehingga arah pengusaha-pengusaha muda tersebut tergerak untuk ekspansi produknya atau mengembangkan usahanya karena semangat yang besar itu jangan disia-siakan. Semangat itu jangan disia-siakan.