Saturday, October 10, 2015

Era Robot semakin dekat? Takut?



Judul artikel di atas sudah cukup ngeri bukan. 10 tahun kemudian dan apa yang menjadi kekejaman bagi pasar tenaga kerja. Dalam artikel tersbut digambarkan bahwa otomatisasi akan semakin lebih moderen. Dan satu hal yang dikembangkan adalah tentang teknologi AI/Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan sebagai inti interaksi yang menggantikan manusia. Mungkin secara sederhana dengan kata-kata umum bahwa yang dihasilkan adalah sebuah 'robot' yang menggantikan peran manusia.

Dicontohkan dalam artikel tersebut bagaimana teknologi otomatisasi bisa mematikan pekerjaan supir taksi jika memang teknologinya sudah terwujud (dalam pengembangan). Contoh lain adalah bagaimana otomatisasi restoran tanpa adanya pelayan atau pekerja restoran.

Artikel ini sebenarnya bisa kita jadikan sebagai tanda kewaspadaan atau berhati-hati atau bahkan mawas diri. Bagaimana sikap kita dalam menyikapi hal-hal tersebut. Kalau negara maju membutuhkan waktu 10 tahun mungkin bagi Indonesia membutuhkan waktu setidaknya 15-20 tahun? Apakah masih cukup waktu atau masih lama? Tentunya semua harus dijawab mulai dari saat ini siapapun orangnya di bumi pertiwi ini. Bisa cuek, bisa kreatif/inovatif dan bisa kooperatif atau persuasif terhadap pemegang kebijakan atau regulasi.

Kemandirian Pangan dari Rumah

Menanam tanaman konsumsi di rumah bukan bermaksud untuk menyaingi para petani atau mengurangi porsi keuntungan dari petani. Tetapi lebih kepada kemandirian dalam memenuhi konsumsi sendiri serta melatih kepekaan terhadap lingkungan dan kebutuhan pangan manusia. Konsumsi akan pangan tidak akan pernah habisnya seiring dengan meningkatnya populasi manusia serta bisnis makanan yang semakin berkembang.

Kemandirian pangan dari rumah tercipta dari kebun-kebun yang diusahakan secara mandiri dan secara tidak langsung bisa berkontribusi pada ketahanan pangan nasional atau kemampuan pemerintah menyediakan sumber makanan bagi penduduknya.

Kemandirian pangan dari rumah akan mendorong terciptanya peluang-peluang untuk komoditas lain berkembang pada areal yang lebih besar karena sumber makanan sederhana bisa dengan mudah diusahakan oleh rumah tangga. Selain itu keuntungan mempunyai kebun sendiri di rumah bisa berkontribusi pada penyerapan karbon di udara sehingga menghasilkan udara yang lebih sedar.

Tanaman bawang daun di pot

Bayam yang segar bukan


Siapkah kita untuk perdagangan bebas?

Buku yang menarik mengulas tentang bagaimana kita mengetahui aturan-aturan dalam FTA atau free trade agreement (perdagangan bebas) digunakan sebagai persiapan kita untuk menghadapinya.

Friday, October 9, 2015

Mengapa Ponsel High End Samsung tetap tidak bisa menyaingi iPhone Apple?

Ponsel High End Samsung seperti Galaxy S6 dan Note seri 4 belum bisa menggeser iPhone seri 6 nya secara global keseluruhan?

Ada beberapa analisa dari penulis:
1. Gengsi ponsel Samsung untuk yang High End (kelas atas/premium) semakin berkurang seiring dengan banyaknya varian Samsung baik kelas menengah atas/menengah/dan menengah bawah. Sampai-sampai kita tidak hapal seri-seri Samsung tersebut. Jadi ada gradasi tersendiri terhadap produk mewah Samsung (merasa tidak se eksklusif iPhone). Sebaliknya kelas menengah cukup bangga dan puas dengan memakai Samsung.

2. Samsung digoyang oleh merek/brand ponsel Smartphone dengan kemampuan mumpuni yang bahkan bisa menyaingi ponsel Samsung high end tersebut dengan harga realatif bisa dijangkau kelas menengah. Merek/brand seperti Xiaomi, Asus, atau bahkan Oppo dan merek lama seperti Huawei,  LG, Blackberry, htc yang mulai bangkit mampu bersaing dengan pangsa pasar menengah ke atas. Dan salah satu keistimewaan mereka adalah mereka tidak menantang Samsung secara langsung tetapi cukup berani langsung menunjuk iPhone. Hal inilah yang mungkin mendapat empati tersendiri. Kondisi seperti ini setidaknya bisa sedikit fokus Samsung terhadap ponsel High end nya

3.Belum lagi ada inovasi yang benar-benar menggugah orang untuk ingin segera mendapatkan sensasinya. 

4. Sistem operasi yang secara umum benar-benar terasa sama untuk semua generasi dan semua spesifikasi.

5. Tidak atau terasa sedikit loyalitas pada pengguna Samsung. Kalau Blackberry benar pake Android maka bisa saja banyak yang pindah. Atau sekarang orang ingin mencicipi Windows Mobile.



Thursday, October 8, 2015

Kapitalisasi jualan online

Dulu orang semangat sekali membuka website untuk menjual barang dagangannya. Bermodalkan domain murah dan kemampuan HTML atau PHP ataupun CMS atau juga dengan pack toko online yang disediakan pihak ketiga maka anda dapat langsung berjualan.

Sekarang sudah jarang ditemukan website toko online terkenal yang dimiliki oleh perorangan. Anda akan lebih banyak mendengar kata-kata seperti tokopedia, bukalapak, olx, blibli, dll. ketika menanyakan suatu barang beli online dimana.

Ironis memang ketika jualan online pertama kali dirintis oleh UKM atau usaha mandiri perorangan guna mencari nilai tambah tersendiri karena anda tidak mudah masuk atau bersaing dengan toko besar maka sekarang pemain-pemain besar tersebut yang makin mengendalikan penjualan online. Anda bisa mencari tahu di mesin pencari google siapa dibalik semua situs/website jualan online atau yang disebut e-commerce yang disebut di atas, beberapa diantaranya adalah konglomerasi terkenal.

Lagi-lagi modal besar yang bermain di penjualan online ini. Kenapa bisa terjadi? karena memang biaya menumbuhkan website tidak main-main. Kalau hanya mengandalkan SEO memang bisa saja tapi reputasi belum tentu didapatkan. Bahkan jualan online pun beriklan di media cetak dan televisi.

Dalam kesempatan berikutnya kita  akan membahas apakah dampak dan dinamika dari kapitalisasi jualan online ini.


Capaian tertinggi dari seorang manusia

Banyak orang dan hampir semua orang mempunyai tujuan hidup untuk menjadi kaya atau sejahtera dan mencapai tingkatan tertentu dalam perjalanan hidupnya sebagai manusia. Hal tersebut wajar karena bagaimanapun kita hidup tentunya memerlukan biaya dan akan selalu berkutat dengan berbagai macam kebutuhan dan hasrat untuk memenuhinya. Namun artikel di atas memberikan suatu sudut pandang berbeda mengenai capaian sorang manusia.

Jual Coklat Green Tea - Goen online | Tokopedia

Jual Coklat Green Tea - Goen online | Tokopedia: Jual Coklat Green Tea, Baru dengan harga Rp 175.000 dari toko online Goen online, Bandung. Cari produk cokelat lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia.

Produk Perawatan Muka BSKIN M LINE

Produk Perawatan Muka BSKIN M LINE -Energizing Carbon Wash -Sebum Control Gel -Recharge Night Pack info lengkap: WA 089666121865


Wednesday, October 7, 2015

Hujan Angin porak-porandakan Bandung

Hujan besar disertai angin pada sore hari Rabu ini mengakibatkan kerusakan di beberapa tempat di kota bandung. Seperti yang dilaporkan oleh akun twitter di bawah ini:


Seperti telah diketahui bahwa Musim kemarau terpanjang terjadi pada periode di tahun ini. Apakah hujan bandung ini akan mengakhiri musim kemarau ini masih belum dapat ditentukan karena laporan dari lembaga yang berwenang belum bisa memastikan perubahan cuaca segera terjadi.

Nikmatilah apa yang terlihat di depan mata anda


Nikmatilah apa yang terlihat di depan mata anda tanpa penghalang dari layar gadget atau alat lainnya. Nenek dalam gambar tersebut terlihat sangat enjoy menikmati apa yang dia lihat berbeda dengan beberapa orang disekitarnya.
Penulis pun paling tidak suka merekam sesuatu pertunjukan kecuali melibatkan anggota keluarga. Biarlah menjadi rekaman tersendiri di otak kita.

Tuesday, October 6, 2015

Kuliah di luar negeri? Bisa liat artikel ini dulu: 20 Universitas Terbaik versi US News & World Report

20 Universitas Terbaik versi US News & World Report (lembaga yang bisa melakukan pemeringkatan) dengan penilaian menenakankan pada karakteristik yaitu fokus secara spesifik pada penelitian akademik yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan dalam hal ini universitas yang bersangkutan serta reputasi keseluruhan seperti misalnya dalam pemeringkatan untuk sarjana yang meliputi faktor-faktor seperti data sarjana yang berhasil diterima kerja dan parameter dalam tingkat kelulusan.
Berikut adalah peringkatnya:

Belanja Pake Kantong Plastik Harus Bayar

Setuju apabila setiap orang yang belanja akan ditagihkan biaya untuk kantong plastik yang akan mereka gunakan. Biaya kantong plastik pun harus membuat orang berpikir 2 kali untuk menggunakan kantong plastik atau menumbuhkan kebiasaan membawa keranjang atau tas belanja dari rumah. Biaya kantong plastik pun disesuaikan dengan ukuran kantong plastik yang akan digunakan.



Kantong plastik sering disebut juga kantong kresek atau kantong keresek.

Monday, October 5, 2015

Distributor Buku dan Barang Kota Bandung

Danendra Indonesia sebagai distributor buku dan barang akan membantu mendistribusikan buku dan barang anda yang klasifikasinya sesuai dengan tujuan distribusi kami mulai dari toko buku besar yang ada di pulau Jawa dan Jakarta sampai (khusus untuk kota Bandung) toko buku kecil atau toko buku di kompleks perguruan tinggi atau universitas dan tempat ideal menjual buku dan barang konsumsi lainnya seperti bandara dan lokasi lainnya (melayani tujuan distribusi seperti Hotel dan toko dagangan lainnya). 

Ribuan judul buku dari berbagai macam kategori sudah kami tangani bersumber dari berbagai daerah dan penerbit/percetakan. Distributor kami terus berusaha menyajikan layanan terbaik dan tertib administrasi. 

Menerima juga konsultasi penerbitan buku.

'Bpk. Sadewa S.N. - CEO Danendra Indonesia' 

Sunday, October 4, 2015

Negara dengan rata-rata keuntungan e-commerce dari per orangnya

Seperti dikuitp dari akun twitter World Economic Forum @WEF maka data Negara dengan rata-rata keuntungan e-commerce dari per orang belanja secara online adalah sebagai berikut:
Angka itu dalam dollar. Jadi dari setiap yang belanja online setiap e-commerce rata-rata mendapat keuntungan sekitar 26 juta. Apabila rata-rata keuntungan sedemikian besar maka tentu saja perkiraan rata-rata omset nya per orang belanja juga sangat besar. Tapi perlu diingat di sini adalah nilai mata uang dan tingkat inflasi yang berbeda serta segementasi dan populasi masyarakat berpendapatan besar.