Tuesday, December 15, 2015

Mambayangkan Ekonomi di 2016

Lima Belas Hari lagi kita akan memasuki Tahun yang baru Tahun 2016. Di tahun 2015 ini sudah dapat disimpulkan bagaimana kehidupan Ekonomi sangat tidak bergairah kalau tidak mau dikatakan berat atau mungkin disebut lesu. Yang terasa pastinya adalah keuntungan usaha yang pastinya sangat kecil tapi juga kita belum melakukan pengetatan yang serius. Toh toko ponsel juga masih banyak dikunjungi orang angka penjualan mobil masih ada.

Nah bagaimana dengan Ekonomi di 2016? Akankah ada peningkatan atau malah semakin merosot? Kalau saya mau sedikit lebih optimis maka sebenarnya akan ada peningkatan tetapi mungkin masih kecil tetapi perubahan mulai terasa dan akan sangat terasa di 2017. Prediksi ini dikaitkan dengan usaha pemerintah yang aktif memberikan paket kebijakan ekonomi serta adanya kegiatan pembangunan infrastruktur skala nasional terutama di daerah. Kalau saya mau menjadi lebih kurang optimis maka 2016 akan sama dengan 2015. Semuanya tergantung pada kondisi ekonomi luar negeri yang masih belum terlihat arah dan pertumbuhannya.

Lantas bagaimana dengan kita? Bagaimana kita menyiapkan strategi dan rencana-rencana untuk tahun 2016 terhadap bisnis kita?  Saya kira semua memang harus direncanakan dengan baik. Optimis harus dikedepankan. Inovasi dan kreativitas harus tetap menjadi bagian dalam pengembangan bisnis. Efisiensi pun bisa dilakukan tanpa mengecilkan kualitas. Penghematan pribadi bisa dilakukan secara serius. Kalau saya melihat maka UKM harus dapat melihat berbagai peluang walaupun tidak mudah dengan modal.

Tentunya harapan tahun 2016 adalah yang terbaik dan kita tetap perlu merencanakan dan mengantisipasi segala kemungkinan yang bakal terjadi.

0 comments:

Post a Comment