Friday, November 13, 2015

Menggunakan Bahasa Indonesia tentang teknologi informasi.

Sudah tahu kan tetikus itu 'mouse' dan unduh itu 'download' dan unggah itu 'upload'? Seringkah anda menggunakan bahasa Indonesia yang baku seperti kata-kata tersebut di dalam uraian tulisan atau sebagai bahasa percakapan?

Memang masih sangat terasa asing bagi orang-orang untuk menggunakan bahasa Indonesia baku dalam bidang teknologi informasi. Tapi memang seharusnya sudah mulai digunakan dalam kegiatan kita sehari-hari terutama dalam penggunaan media sosial.

Tapi sebagai bahasa resmi dalam tampilan instrumen-instrumen teknologi informasi diantaranya sebagai bahasa untuk sistem operasi yang dijalankan sepertinya masih jauh untuk dilakukan. Karena ternyata bahasa-bahasa baku Indonesia untuk berbagai perintah tergolong sangat baru dan asing dan jumlahnya cukup banyak. Bahasa sistem operasi juga sangat erat kaitannya dengan bahasa pemrograman yang sudah sangat standar memakai perintah dari bahasa Inggris.

Tapi penulis sendiri masih sering menggunakan bahasa atau istilah asing dalam menulis tetapi biasanya digunakan tanda petik untuk kata-kata tersebut atau menggunakan huruf miring.

Sayangnya fasilitas kamus di google ternyata tidak mengakomodir bahasa baku tersebut jika diterjemahkan dari bahasa inggris lebih dahulu kalau sebaliknya terpantau bisa diartikan.

Jadi akan mulaikah kita menggunakan bahasa Indonesia baku tentang teknologi Informasi? :)

0 comments:

Post a Comment