Friday, November 20, 2015

Didorong ke 4G tapi 3G pun tidak pernah mencapai maksimal.

Semua operator telekomunikasi dan pemerintah mendorong untuk segera menggunakan teknologi komunikasi 4G. Iya sih bagus karena teknologi ini memang harus sudah dimulai mengingat di negara-negara lain sudah sangat establish atau mapan. Tapi yang jelas dari dulu pasti tidak akan pernah maksimal. Karena 1.Tidak pernah mencapai kecepatan maksimum karena yang pakai banyak. 2. Harganya yang sangat mahal.

Pengalaman 3G jarang mencapai maksimal. Tidak pernah rasanya menikmati apa itu teknologi 3G dari segi kecepatan dan stabilitas koneksi internet. Periode pemanfaatan teknologi 3G apapun provider internetnya pastinya menggunakan istilah up to, kuota, pagi, malam, dsb. yang merupakan trik-trik bisnis belaka.

Sekedar memberikan usulan untuk koneksi internet 3G diharapkan harganya Rp. 50.000,- sebulan dan tidak perlu ada batasan kuota-kuota bandwith segala. Dan untuk 4G diharapkan harganya Rp. 100.000,- sebualan dan tidak ada batasan kuota. Hanya seperti itu sederhana bukan?

Penanganan teknologi komunikasi dan internet di Indonesia jangan hanya menggunakan pengelolaan yang pas-pasan. Karena populasi dan jangkauan yang jauh yang diharapkan kekuatan maksimal 2 kali untuk menangani persoalan-persoalan tersebut.


0 comments:

Post a Comment