Thursday, November 26, 2015

Banyak bertanya tak jadi membeli.

Banyak bertanya tak jadi membeli.

Kenapa pada penjualan online ketika website sudah mampu menjalankan fungsi komunikasi dua arah sebagai sarana komunikasi penjual dan pembeli sering terjadi situasi pembeli yang sudah bertanya dan penjual sudah menyediakan jawaban yang terbaik dan meyakinkan untuk dibeli tetapi tidak jadi membeli?

Menurut penulis kejadian tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya:

1. Karena pembeli mempunyai banyak pertimbangan salah satunya adalah keyakinan akan barang tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan atau sesuai yang ada di benak pembeli. Karena memang hanya melihat dari gambar saja kadang tidak memenuhi informasi yang dibutuhkan.
2. Karena mungkin saja barang tersebut belum benar-benar dibutuhkan jadi sebenarnya hanya seperti windows shopping ketika kita ada di mall.
3. Karena ada pertimbangan kebutuhan yang ingin cepat dipenuhi jadi pertimbangannya adalah dengan membeli pada toko fisik selain itu ada hitungan ongkir yang terlibat.
4. Ada barang pembanding yang muncul pada pencarian selanjutnya bisa jadi lebih murah. Karena pencarian lewat internet relatif mudah dilakukan.
5. Masih ada kekhawatiran dengan pembelian online ini seperti percaya bahwa barang akan dikirim secepatnya atau malah ada penipuan.
6. Jawaban anda sebagai penjual meragukan :)

Dengan demikian tidak perlulah kiranya mengkhawatirkan kondisi tersebut. Adalah sesuatu yang wajar pembeli mempunyai banyak pertimbangan. Toh itu kan uang mereka harus ada kepuasan saat membeli sesuatu. Tetapi kalau ternyata kejadian ini terus berulang maka anda harus meninjau kembali toko anda. Apakah harga kemahalan apakah purna jual tidak meyakinkan dan sebagainya.


0 comments:

Post a Comment