Tuesday, November 10, 2015

Apresiasi dan Kritik pasangan yang nyata.

Apresiasi dan Kritik adalah pasangan yang nyata, tidak selalu harus imbang tapi kehadiran dua-duanya ternyata bisa membuat lebih lengkap dalam pemikiran. Seribu kritik akan lebih bermakna jika anda mengapresiasi sesuatu yang memang terjadi dan nyata yang memang harus mendapatkan nilai positif.

Dengan terus mengkritik dan tanpa ada solusi dan bertujuan hanya menyindir orang lain apalagi dalam komunikasi satu arah maka nilai yang ada hanyalah nilai penghakiman atau pemberian label terhadap kita. Coba kemukakan satu saja apresiasi terhadap suatu hal apalagi yang telah nyata-nyata benar prestasi maka anda akan lega dan terbebas dalam emosi yang berkepanjangan. Dengan demikian anda akan lebih bergairah dalam melaksanakan suatu pekerjaan karena ada semangat baru karena telah memberikan suatu penilaian dan bersikap 'fairness'.

Apresiasi dan kritik membantu anda dalam menilai setiap kondisi yang ada baik yang sedang dihadapi langsung atau sekedar menganalisa kejadian atau peristiwa yang dilakukan oleh pihak luar. Selain membantu anda maka membantu juga orang yang sedang anda kritik atau apresiasi karena tentunya dapat memberikan semangat guna melakukan sesuatu dengan lebih baik (ada perhatian dan masukan diberikan).


0 comments:

Post a Comment