Saturday, November 7, 2015

Apakah Sepenuhnya Percaya Dengan Promo Isi Lebih Banyak?

Cerita ini dimulai dengan ketika penulis hendak menuangkan pewangi/pelembut pakaian merek tertentu ke dalam cucian yang memang sudah hampir selesai. Saya memakai kemasan sachet atau kemasan bungkus kecil kali ini. Seketika saya melihat ada tanda promosi bahwa isi lebih banyak sekian persen. Kemudian saya buka bungkus tersebut menggunakan gunting dan sebelum saya tuangkan saya lihat ke dalam isi bungkusan tersebut. Dan seketika saya hanya ketawa saja.

Saya sontak ketawa karena kok perasaan saya isinya sangat sedikit dari bungkus yang sedemikian besar. Lalu terbersit pertanyaan apa iya isinya nambah atau bungkusnya yang dibesarkan? Haha. Kemudian saya cek yang satu lagi ternyata isinya sama saja.

Saya lalu terpikirkan dengan trik-trik promosi marketing. Bahwa trik-trik itu sebenarnya bisa benar adanya tapi kita salah membaca atau tidak sepenuhnya mengetahui apa yang dimaksud dari promo tersebut. Karena bisa jadi kalau dalam kasus di atas penambahan isi sekian persen itu apanya, apakah udaranya, apakah bungkusnya, apakah komposisinya berubah. Jadi si produsen belum sepenuhnya salah jadi benar-benar itu trik semata. Tapi memang kita harus tetap cek apa yang dimaksudkan atau yang ditawarkan oleh produsen karena tetap saja pasti ada yang bisa nakal.

Promo isi lebih banyak ini kebanyakan pada produk yang mempunyai satuan volume bukan satuan hitung per unit atau pieces.

Trik-trik ini juga kadang berhubungan dengan mispersepsi otak kita sama ketika kita seperti melihat sesuatu yang menghasilkan ilusi optik.



0 comments:

Post a Comment