Friday, October 23, 2015

Sertifikasi, Standardisasi dan Pengkuran Komersil Batu Akik

Sudah dari sejak awal saya mempunyai pemikiran agar batu akik mempunyai ukuran komersil yang jelas sehingga menjadi komoditas yang memang benar-benar diperhitungkan (bukan musiman) alias bisa berperan dalam kehidupan perekonomian layaknya emas, permata dan sebagainya.

Mungkin aturan ini dianggap ribet atau menyusahkan atau tidak memiliki acuan yang jelas layaknya emas atau batuan mulia lain tetapi disitulah seharusnya harus disadari bahwa batu akik sebenarnya punya potensi yang luar biasa.

Memang batu akik kalau dilihat-lihat lebih kepada selera konsumen terhadap bentuk fisik dari akik dan batuan setipe lainnya misal dari warna, bentuk, dll. dan hal itulah kadang lengket kepada pemilik awal batu dibuat dan menjadi agak susah untuk dijual kembali. Namun justru ciri-ciri fisik itulah yang harus diterjemahkan kedalam standar-standar batu sehingga bisa diukur dan bahkan bisa ada sertifikatnya. Bagi saya agak aneh bila ada batu akik yang dinilai oleh penjualnya sampai bernilai dengan harga yang fantastis atau relatif besar. Nilai komersil tersebut bahkan saya tidak tahu apakah bertahan atau tidak.

Sekali lagi ini hanyalah usulan agar pasar batu akik tetap dinikmati sepanjang masa tanpa harus menunggu waktu 'booming' atau sedang nge'trend'.

-
Nel

0 comments:

Post a Comment