Monday, October 19, 2015

Perusahaan Raksasa Teknologi Informasi Lakukan Pengembangan Usaha.

Menjalankan perusahaan tak terlepas dari strategi dalam menghadapi pasar. Tidak terkecuali dengan para raksasa Teknologi Informasi. Beberapa perusahaan tersebut ada yang melakukan diversifikasi usaha dengan mencapluk perusahaan-perusahaan lain terutama dalam bidang yang sama yaitu teknologi informasi. Akuisisi-akuisisi yang dilakukan Google, Facebook, Microsoft, Apple, dll. dengan menggelontorkan biaya yang sangat amat tinggi tetapi tentunya sudah diperhitungkan manfaat yang akan diraih. 

Selain strategi diversifikasi mereka lakukan juga membuka lini produk baru atau pengembangan usaha bahkan mereka mulai berani bermain dalam bidang yang bukan bidang asli mereka seperti terjun ke bidang otomotif yang dilakukan oleh Apple.

Pada kenyataannya bukan perusahaan-perusahaan besar saja yang melakukannya. Banyak perusahaan menengah yang sedang berkembang melakukan strategi tersebut. Mereka sadar persaingan menjadi sangat ketat dan berusaha menjadi pertama dalam produk-produk baru dan berharap atau bersyukur bisa menjadi leader.

Pertanyaannya adalah kalau Apple membuat iWatch kenapa Tag Heuer atau Swatch atau Casio atau bahkan Rolex tidak membuat ponsel/ponsel premium?
Seharusnya bisa tapi karena kinerja keuanganlah yang sangat menentukan dalam hal ini. Selain itu yang terbawa adalah teknologi kekinian sedangkan teknologi jam tangan mungkin hanya segi desain dan fitur yang dikembangkan.

Contoh terbaru:


0 comments:

Post a Comment