Sunday, October 25, 2015

Perlunya Investigasi lanjutan setelah lomba MotoGP Sepang 2015.

Valentino Rossi akhirnya dijatuhkan hukuman pengurangan poin di klasemen dan akan start pada posisi terakhir pada lomba selanjutnya. Semua ini buntut dari insiden dengan Marc Marques di sirkuit Sepang 2015.Tetapi mungkin masalah ini belum selesai. Kalau kita meyakini Rossi sengaja memberikan sentuhan kepa Marc agar terjatuh maka perlu juga kita mengetahui latar belakang kejadian tersebut.

Pada race sebelumnya Rossi sempat memberikan pernyataan bahwa Marc sengaja menghalang-halangi dirinya untuk mendapatkan hasil maksimal dalam usaha perebutan juara dunia. Seharusnya pernyataan in menjadi 'warning' atau peringatan kepada pihak MotoGP akan jalannya lomba seterusnya karena situasi yang cukup memanas dalam perebutan juara. Memang iya Marc sudah tidak punya peluang untuk juara dunia tetapi hal itulah justru yang bisa membuat dia berpeluang melakukan sesuatu yang lain dari tujuan pembalap yaitu menjadi juara. Lantas kalau benar apa yang menjadi kepentingan Marc? Main-mainkah? Dendam? Ketidaksenangan Rossi menjadi 10 kali juara? Dan kenapa Rossi berbuat demikian mengingat reputasi dia sebagai legenda MotoGP yang sudah makan asam garam di dunia tersebut?

Pertarungan Rossi dan Marc bukan kali ini saja. Tercatat banyak sekali duel pertarungan antara mereka berdua yang berakhir baik kemenangan Rossi atau Marc. Jadi sebagai pembalap profesional dan olah ragawan sejati tentunya hal tersebut hal yang biasa sebuah kompetisi. Namun sejarah olah raga juga mencatat bahwa hasil akhir suatu lomba atau pertandingan kadang dibumbui oleh sikap pemain atau peserta yang tidak sesuai, ambil contoh Piala Dunia Sepak Bola 1986 Argentina vs Inggris dengan kejadian gol tangan Tuhan.

Saya kira sangat wajar jika pihak MotoGP meakukan investigasi lanjutan baik kepada Rossi, Marc dan semua yang berpotensi  memberikan informasi yang sejelas-jelasnya. Dan di MotoGP pun pasti ada data-data sebagai penunjang investigasi misalnya data-data indikator gerak/kondisi motor pada saat lomba berlangsung atau sering disebut telemetry serta data-data penunjang lainnya. Dengan investigasi tersebut diharapkan setidaknya  dapat memberikan titik terang atas kejadian ini.


0 comments:

Post a Comment