Friday, October 30, 2015

Penting bagi Operator Twitter buat Perusahaan.

Hampir semua perusahaan terutama yang menghasilkan produk dan jasa yang digunakan banyak orang sangat peduli terhadap promosi di media sosial. Menjembatani hubungan dengan konsumen dan menjaga hubungan dengan konsumen adalah juga merupakan pentingnya membuka akun media sosial seperti twitter.

Dengan membukan akun twitter seharusnya pihak perusahaan benar-benar memanfaatkan sarana tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam me
ngelola media sosial tersebut terutama twitter. Berdasarkan pengamatan terhadap beberapa akun twitter perusahaan, penulis menghasilkan hasil analisa sebagai berikut.

1. Keamanan. Hendaknya akun twitter perusahaan perlu mengutamakan keamanan akun baik itu berupa password serta konfigurasi lainnya. 

2. Aplikasi. Disarankan jangan mendaftarkan akun perusahaan dengan akun pribadi dalam satu aplikasi twitter. Kesalahan akun pada posting bisa berakibat cukup fatal. Misalkan anda sebagai operator seharusnya memposting di akun pribadi tapi malah masuk ke akun perusahaan.

3. Informasi. Jangan memberikan informasi kalau anda sendiri sebagai operator belum paham sepenuhnya kecuali anda sedang bersama-sama supervisor anda. Jangan pula anda memberikan informasi yang sumbernya jauh dari internet sebagai media anda, misal anda ditanyakan mengenai informasi suatu persyaratan tetapi anda malah menyuruh yang bertanya untuk melihat media cetak. Usahakan sumber informasi yang anda akan berikan termasuk dalam website perusahaan.

4. Hak Cipta. Jangan dengan mudah menggunakan materi yang ada di Internet untuk kampanye atau promosi atau sekedar mengisi linimasa anda. Ingatlah bahwa semua materi internet belum tentu bebas digunakan. Gunakan notifikasi akan sumber dari materi yang diambil untuk menghargai sumber anda

5. Untuk akun non CS atau customer service sekali-kalilah linimasa anda diisi posting twit yang bisa menghibur atau menggugah perasaan follower atau pengikut anda tetapi tidak berlebihan dengan membahasnya. Kalau anda 'share' atau bagikan sebuah tautan atau link sumber informasi pastikan memang mengarah ke sumber informasi jangan ke hal yang lain yang tidak ada hubungannya atau tautan atau link tersebut 'offline'.

6. Jangan mudah hapus atau 'delete' twit anda. Gunakan twit pengoreksi untuk mengoreksi kesalahan sebelumnya. Karena bisa menimbulkan intepretasi dari pengikut atau 'follower'.

Dan sebenarnya masih banyak lagi dalam melaksanakan fungsi operator media sosial khususnya twitter yang sebenarnya berbasis pada ilmu komunikasi dan ilmu 'public relation'.


---
Nel

0 comments:

Post a Comment