Sunday, October 18, 2015

Momentum menuju pasar global.

Di dekat rumah sedang ada pagelaran kickfest 2015, sebuah ajang atau acara berupa pasar/market dari berkumpulnya pengusaha-pengusaha pakaian jadi atau sering disebut clothing/distro wear. Ada juga kumpulan pengusaha makanan dengan berbagai macam bahan dan penyajian plus digabungkan dengan anak muda yang bermusik. Intinya adalah sebuah kreativitas anak muda untuk market anak muda. Saya tidak tahu persis capaian mereka-mereka yang membuka lapak-lapak atau booth produk mereka namun kalau melihat animo pengunjung tiap tahun yang sangat besar dan antusias dalama berbelanja saya yakin mereka mendapat keuntungan yang cukup dikategorikan sukses.

Terlepas dari banyaknya pengusaha yang serupa dan persaingan yang ketat untuk distro, dan hanyalah yang benar-benar mempunyai brand terkenal (oleh karena biaya promosi yang ternyata tidak sedikit) yang benar-benar bisa menghasilkan keuntungan dengan margin yang relatif lumayan. Tetapi sekali lagi masih belum terukur apakah tingkat kemakmuran usahanya relatif tinggi untuk sekelas pengusaha pakaian jadi ataupun yang selevel dengannya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah semangat mereka untuk bisa meraih pasar dalam negeri di tengah membanjirnya produk murah dari negeri tirai bambu. Pertanyaan besar adalah mengapa mereka-mereka ini yang bisa dikategorikan sukses ini tidak diberikan sebuah kemudahan dan jalan agar mereka membawa semangat produksi dan kreativitas mereka untuk meraih capaian yang semakin tinggi melalui impor produk mereka ke luar negeri.

Sebab agar dapat negara ini menjadi negara yang mempunyai kinerja finansial yang bagus adalah dengan masuknya uang-uang dari negara lain. Karena nilai perputaran uang sangat sempit apabila pelaku pasar hanya didominasi oleh lokal. Perlu adanya kemampuan untuk menjual untuk pasar global.

Oleh karena itulah justru pengusaha-pengusaha distro mempunyai kesempatan dalam membela negaranya dalam persaingan ekonomi dunia. Apalagi sebentar lagi ada yang namanya free trade area atau perdagangan bebas. Entah gimana itu jadinya.

Intinya sekali lagi adalah bagaimana pemerintah mampu memberi petunjuk dan bantuan sehingga arah pengusaha-pengusaha muda tersebut tergerak untuk ekspansi produknya atau mengembangkan usahanya karena semangat yang besar itu jangan disia-siakan. Semangat itu jangan disia-siakan.

0 comments:

Post a Comment