Friday, October 9, 2015

Mengapa Ponsel High End Samsung tetap tidak bisa menyaingi iPhone Apple?

Ponsel High End Samsung seperti Galaxy S6 dan Note seri 4 belum bisa menggeser iPhone seri 6 nya secara global keseluruhan?

Ada beberapa analisa dari penulis:
1. Gengsi ponsel Samsung untuk yang High End (kelas atas/premium) semakin berkurang seiring dengan banyaknya varian Samsung baik kelas menengah atas/menengah/dan menengah bawah. Sampai-sampai kita tidak hapal seri-seri Samsung tersebut. Jadi ada gradasi tersendiri terhadap produk mewah Samsung (merasa tidak se eksklusif iPhone). Sebaliknya kelas menengah cukup bangga dan puas dengan memakai Samsung.

2. Samsung digoyang oleh merek/brand ponsel Smartphone dengan kemampuan mumpuni yang bahkan bisa menyaingi ponsel Samsung high end tersebut dengan harga realatif bisa dijangkau kelas menengah. Merek/brand seperti Xiaomi, Asus, atau bahkan Oppo dan merek lama seperti Huawei,  LG, Blackberry, htc yang mulai bangkit mampu bersaing dengan pangsa pasar menengah ke atas. Dan salah satu keistimewaan mereka adalah mereka tidak menantang Samsung secara langsung tetapi cukup berani langsung menunjuk iPhone. Hal inilah yang mungkin mendapat empati tersendiri. Kondisi seperti ini setidaknya bisa sedikit fokus Samsung terhadap ponsel High end nya

3.Belum lagi ada inovasi yang benar-benar menggugah orang untuk ingin segera mendapatkan sensasinya. 

4. Sistem operasi yang secara umum benar-benar terasa sama untuk semua generasi dan semua spesifikasi.

5. Tidak atau terasa sedikit loyalitas pada pengguna Samsung. Kalau Blackberry benar pake Android maka bisa saja banyak yang pindah. Atau sekarang orang ingin mencicipi Windows Mobile.



0 comments:

Post a Comment