Tuesday, October 27, 2015

Membuka Peluang Pionir Industri.

Masih bertema tentang Industri.
Indonesia harus memikirkan Industri apa yang akan menjadi pionir atau 'trademark' bagi negara. Sebab kalau harus kembali memikirkan mobil nasional tentunya cukup jauh tertinggal. Satu-satunya peluang tentang mobil adalah dengan langsung mengembangkan mobil ramah lingkungan, itupun tidak mudah.

Memikirkan industri yang bakal menjadi pionir adalah masalah inovasi dan kreativitas serta dengan membangun penelitian bahkan dicampur dengan mimpi atau angan-angan/imajinasi. Karena semua merek/brand terkenal saat ini berasal dari visi si pencipta dengan ide yang sangat jauh ke depan.

Bahan mentah yang kita punya harus segera diolah di dalam negeri. Produk mentah menjadi 1/2 jadi dan 1/2 jadi menjadi barang jadi, atau lebih jauh lagi 100% kemandirian industri harus diwujudkan tanpa ada impor atau ekspor bahan mentah.

Sebagai contoh ide: kalau memang di masa depan yang berlaku adalah mobil listrik kenapa kita tidak mempersiapkan bahan baterai yang sangat efisien. 

Ide-ide seaneh/'absurd' apapun tetap harus dimunculkan. Biarkan imajinasi anda mengalir dan tervisualisasikan. Toh ponsel zaman sekarang hasil dari pemikiran seseorang yang dulu dianggap aneh.


0 comments:

Post a Comment