Monday, October 19, 2015

Memahami apa itu Startup secara sederhana.

Belum juga tenar dengan entrepreneur (mengacu pada masih sedikitnya pengusaha baru atau wirausaha di Indonesia) 2 tahunan ini kita sering diperdengarkan istilah Startup. Startup ya sebuah perusahaan baru tidak melulu di bidang teknologi (karena sekarang yang nge'trend' adalah 'IT' jadi anggapannya seperti itu). Tetapi apa yang membuat Startup menjadi khusus?

Sebuah usaha atau perusahaan dapat dikenalkan sebagai Startup apabila dia mengusahakan sesuatu yang inovatif atau yang baru ada bisa sebagai yang pertama di lingkungannya dan pengusahanya atau manajemen mempunyai ambisi yang besar terhadap capaian yang akan diraih dan tentunya dia yakin dan mampu untuk menjawab tantangan pertumbuhan bisnisnya (disertai adanya perencanaan yang matang akan sumber daya dan kapasitas) sebesar-besarnya. *


Kalau anda buka warteg di lingkungan yang benar-benar baru dimana lidah orang sudah terbiasa dengan makanan tertentu dan anda yakin bahwa usaha tersebut bakal menjadi besar dan memounyai hitung-hitungan kedepannya ditambah dengan inovasi hidangan dengan kandungan dan rasa lokal maka anda sedang membangun sebuah startup di lingkungan tersebut.

Contoh yang lagi populer sekarang adalah Gojek. Dia yang mengenalkan aplikasi untuk Ojek berbasis pesanan tentunya untuk Indonesia.

Tapi yang lebih pas adalah memang anda membuat sebuah usaha/perusahaan dengan produk atau jasa yang inovatif benar-benar baru atau 'fresh'.

Menurut saya Startup hanyalah pengkondisian atau pengenalan sebuah usaha/perusahaan pada tahun-tahun awal. Begitu sudah 'mature' maka yang ada adalah perusahaan yang bergulat dengan persaingan dengan perusahaan lain apapun bentuk usahanya.

Bagaimana? Tertarik mengusahakan Startup? atau menjadi entrepreneur biasa sebagai follower produk atau jasa orang lain? Intinya anda mengusahakan sesuatu yang Halal dan bermanfaat bagi banyak orang.


* ada banyak istilah startup, intinya adalah inovasi, ambisi dan kemampuan 

0 comments:

Post a Comment