Wednesday, October 14, 2015

Kenapa kinerja keuangan Twitter menurun?

Kenapa kinerja keuangan twitter menurun? Karena menurut saya twitter masih malu-malu mengkomersilkan setiap aspek yang dia punya. Twitter harus segera mencontek Facebook yang kaya akan iklan.

Biaya pengelolaan sebuah website internet apalagi yang sifatnya sudah aplikatif (bukan sekedar informasi/melibatkan database yang besar dan sistem lumayan rumit) itu sangatlah besar. Bayangkan Facebook dan apalagi Google yang punya pembangkit sendiri untuk pusat instalasi datanya. Biaya-biaya inovasi bisa saja muncul dan tentu biaya-biaya lainnya. Oleh sebab itu diperlukan adanya pembiayaan yang cukup stabil bagi kinerja mereka.

Dari dulu saya sering mengatakan bahwa Twitter akan lebih cocok untuk untuk hubungan corporate dengan kustomer atau hubungan lain yang setara atau dalam bentuk penyampaian berita singkat dari media online. Jika hanya mengandalkan person to person maka fasilitas hanya akan menjadi murah dan keterbukaan informasi kemudian dijadikan guyonan atau untuk kepentingan pribadi. Parahnya bahkan menjadi ajang kampanye negatif oleh pribadi atau kelompok tertentu.

Sudahlah tidak perlu menjadi 'hipokrit'. Komersialisasi memang akan menumbuhkan pendapatan dan menyehatkan finansial mereka. Toh mereka sudah mendapatkan banyak database yang menghimpun informasi-informasi yang luar biasa. Jadi modalnya lebih dari cukup. Tinggal menerapkan inovasi-inovasi yang tentunya mereka sudah pikiran sebelumnya.

Kita lihat twitter pada kesempatan yang akan datang. Apakah ada langkah-langkah baru yang mereka terapkan dan hubungannya dengan kinerja keuangan mereka.

0 comments:

Post a Comment