Thursday, October 8, 2015

Kapitalisasi jualan online

Dulu orang semangat sekali membuka website untuk menjual barang dagangannya. Bermodalkan domain murah dan kemampuan HTML atau PHP ataupun CMS atau juga dengan pack toko online yang disediakan pihak ketiga maka anda dapat langsung berjualan.

Sekarang sudah jarang ditemukan website toko online terkenal yang dimiliki oleh perorangan. Anda akan lebih banyak mendengar kata-kata seperti tokopedia, bukalapak, olx, blibli, dll. ketika menanyakan suatu barang beli online dimana.

Ironis memang ketika jualan online pertama kali dirintis oleh UKM atau usaha mandiri perorangan guna mencari nilai tambah tersendiri karena anda tidak mudah masuk atau bersaing dengan toko besar maka sekarang pemain-pemain besar tersebut yang makin mengendalikan penjualan online. Anda bisa mencari tahu di mesin pencari google siapa dibalik semua situs/website jualan online atau yang disebut e-commerce yang disebut di atas, beberapa diantaranya adalah konglomerasi terkenal.

Lagi-lagi modal besar yang bermain di penjualan online ini. Kenapa bisa terjadi? karena memang biaya menumbuhkan website tidak main-main. Kalau hanya mengandalkan SEO memang bisa saja tapi reputasi belum tentu didapatkan. Bahkan jualan online pun beriklan di media cetak dan televisi.

Dalam kesempatan berikutnya kita  akan membahas apakah dampak dan dinamika dari kapitalisasi jualan online ini.


0 comments:

Post a Comment