Tuesday, October 27, 2015

Industri Yang Belum Bisa Dikejar.

Salah satu Industri yang belum bisa dikejar sepenuhnya adalah industri aksesoris gadget. Gadget tersebut bisa berupa tablet/pad/smartphone/ponsel/laptop dan lain-lain. Padahal menurut saya industri ini sangat luar biasa karena mengikuti industri gadget itu sendiri yang sedang berkembang.

Seperti produk manufaktur kecil lainnya yang membanjiri pasar adalah produk impor dari China. Tidak bisakah pengrajin kita yang terkenal ulet dan cukup terampil mengerjakan aksesoris tersebut? Karena berdasarkan pengamatan barang atau produk aksesoris hasil domestik yang ada di pasar sebagian besar berbentuk tas (dan sebenarnya tidak banyak produk lokal) yang intinya memerlukan ketelitian dimensi atau spesifikasi yang sederhana alias hanya mengukur panjang dan lebar (asal masuk ke dalam). Bisakah mereka membuat suatu 'case' atau 'cover' yang sangat presisi pas untuk gadget yang dijual?

Seharusnya justru pengrajin itu akan menghasilkan produk yang unik dan kaya akan bahan tidak seperti barang pabrikan yang kaku. Saya yakin bisa bersaing dengan produk China dan bahkan bisa diimpor juga. Dan sekali lagi bukan 1 atau 2 nama pemain saja karena diharapkan menjadi industri paling tidak kalau memang industri gadget nya masih susah. Masih ada sisa mungkin 5 tahun sebelum gadget mungkin tidak membutuhkan aksesoris akrena sifat dan fungsinya.

Ide misalnya: 'case' dari bambu, dari kain batik, dari rajutan, dll.

0 comments:

Post a Comment