Wednesday, October 28, 2015

Formulasi Paket Tujuan Wisata di Indonesia

Indonesia negeri yang Indah itu sudah fakta yang tak terbantahkan. Hampir setiap Provinsi di Indonesia mempunyai daerah andalan yang menjadi tujuan wisata karena Panorama dan Keindahannya ditambah dengan kebudayaan lokalnya. Tapi ya disitu juga menjadi masalah.

Sering turis mancanegara atau orang dari luar negeri mengatakan bahwa mereka lebih mengenal Bali dari Indonesia. Sebenarnya tidak heran mengapa jadi demikian karena menurut hemat kami Bali adalah satu kesatuan tujuan wisata dimana terdiri dari objek-objek wisata yang tersebar di sebagian besar wilayah Bali. Nah bandingkan dengan Indonesia yang luasnya sedemikian rupa dimana ada beberapa objek wisata tersebar di beberapa provinsi. Tentunya memakan waktu dan biaya yang besar untuk paling tidak sedikitnya ada tiga daerah tujuan wisata dapat disinggahi dalam periode waktu tertentu belum lagi bagaimana mereka yang berkunjung menghabiskan waktu untuk mengetahui informasi perjalanan dan segala hal yang diperlukan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Dan otomatis Bali menjadi pilihan yang lebih masuk akal karena memang ada di satu provinsi saja.

Oleh karena itu sebaiknya diperlukan integrasi-integrasi tujuan wisata dalam satu paket yang bisa dipiliha oleh turis. Misalnya Paket Wisata Jakarta-Yogya-Sulawesi Utara. Kalaupun menjadi single destination atau satu juan wisata saja maka Pemda Provinsi harus benar-benar menyediakan basis-basis pariwisata mereka. Misalkan satu provinsi mempunyai Danau sebagai keindahan alam maka agar turis kaya akan pengalaman mereka harus mengusahakan tempat-tempat lain seperti misalnya membuat kampung budaya dan jenis pariwisata lainnya. Tetapi intinya adalah paket tersebut menyediakan kemudahan perjalanan bagi para turis. Apakah itu dikerjakan oleh pemerintah daerah atau swasta yang jelas harus bersinergi.

0 comments:

Post a Comment