Saturday, October 10, 2015

Era Robot semakin dekat? Takut?



Judul artikel di atas sudah cukup ngeri bukan. 10 tahun kemudian dan apa yang menjadi kekejaman bagi pasar tenaga kerja. Dalam artikel tersbut digambarkan bahwa otomatisasi akan semakin lebih moderen. Dan satu hal yang dikembangkan adalah tentang teknologi AI/Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan sebagai inti interaksi yang menggantikan manusia. Mungkin secara sederhana dengan kata-kata umum bahwa yang dihasilkan adalah sebuah 'robot' yang menggantikan peran manusia.

Dicontohkan dalam artikel tersebut bagaimana teknologi otomatisasi bisa mematikan pekerjaan supir taksi jika memang teknologinya sudah terwujud (dalam pengembangan). Contoh lain adalah bagaimana otomatisasi restoran tanpa adanya pelayan atau pekerja restoran.

Artikel ini sebenarnya bisa kita jadikan sebagai tanda kewaspadaan atau berhati-hati atau bahkan mawas diri. Bagaimana sikap kita dalam menyikapi hal-hal tersebut. Kalau negara maju membutuhkan waktu 10 tahun mungkin bagi Indonesia membutuhkan waktu setidaknya 15-20 tahun? Apakah masih cukup waktu atau masih lama? Tentunya semua harus dijawab mulai dari saat ini siapapun orangnya di bumi pertiwi ini. Bisa cuek, bisa kreatif/inovatif dan bisa kooperatif atau persuasif terhadap pemegang kebijakan atau regulasi.

0 comments:

Post a Comment